Kompas TV regional berita daerah

Inovatif! Wisuda Virtual Dengan Minecraft

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 17:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV – Dosen dan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS Surabaya membuat inovasi wisuda virtual dengan menampilkan karakter game minecraft atau karakter balok bertumpuk. Dengan inovasi ini, wisudawan dapat memilih karakter sesuai yang diinginkan.

Proses pembuatan karakter balok atau minecraft mulai dilakukan untuk peserta wisuda ITS ke 121. Inovasi ini dibuat oleh dosen teknik informatika ITS, Hadziq Fabroyir, beserta belasan orang mahasiswanya.

Hadziq bersama mahasiswa memanfaatkan fitur minecraft education edition untuk membuat berbagai bentuk karakter wisuda, seperti merancang gedung yang menyerupai Graha Sepuluh Nopember ITS. Karakter gedung digunakan sebagai latar utama prosesi wisuda, yang dilakukan secara daring.

Hadziq menjelaskan bahwa prosesi wisuda virtual ini juga dibuat semirip mungkin dengan wisuda tatap muka seperti biasanya. Karakter balok peserta wisuda dipanggil satu persatu ke atas panggung untuk menerima sertifikat ataupun ucapan selamat dari Rektor ITS.

Baca Juga: Fashion Show Virtual Bangkitkan Industri Kreatif

Wisuda daring dengan karakter balok ini diklaim yang pertama dilakukan oleh perguruan tinggi di Indonesia. Inovasi ini diharapkan dapat menjadi solusi menggelar wisuda di saat pandemi, namun tetap memiliki kesan yang tak terlupakan.

 

#ITSSurabaya #WisudaVirtual #Minecraft



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x