Kompas TV regional berita daerah

Viral Wisuda Online Pakai Minecraft, Ini Awal Ide Pembuatnya

Kompas.tv - 5 Agustus 2020, 09:40 WIB
Penulis : Reny Mardika

SURABAYA, KOMPAS.TV - Di tengah pandemi Covid-19, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, ITS, Surabaya, melangsungkan wisuda dengan cara yang unik.

Bukan sekadar wisuda online biasa, karakter game minecraft menjadikan wisuda ke-121 ITS lebih menarik.

Memanfaatkan fitur minecraft education edition, Hadziq bersama belasan mahasiswanya membuat beragam bentuk karakter wisuda hingga rancangan gedung yang menyerupai Graha Sepuluh Nopember ITS.

Layaknya permainan online minecraft, para wisudawan diilustrasikan sebagai pemain atau player dan berdiri dengan rapi di dalam gedung mengikuti prosesi wisuda.

Tak ketinggalan sejumlah dosen dan rektor ITS ikut berperan melantik wisudawan dari tiga fakultas.

Prosesi wisuda virtual ini juga dibuat semirip mungkin dengan wisuda tatap muka seperti biasanya.

Karakter balok peserta wisuda dipanggil satu per satu ke atas panggung untuk menerima sertifikat ataupun ucapan selamat dari rektor ITS Surabaya.

"Sempat terpikir kan di dalam kampus kan ada Minecraft Education Edition, kita pakai ini ajalah. Udah kita pakai itu, alasannya juga sederhana. Selain mudah, simple, yang makai wisudawannya cukup log in dengan menggunakan akun kampus, selesai gitu," ujar Hadziq Fabroyir, Dosen Teknik Informatika ITS.

Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk mempersiapkan figur minecraft dalam prosesi wisuda ke-121 Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Cara unik ini digelar agar para wisudawan dan wisudawati ITS memiliki kesan dalam prosesi wisuda meski digelar secara virtual.

Wisuda daring dengan karakter balok minecraft ini diklaim pertama kali dilakukan di Indonesia.

Inovasi ini diharapkan menjadi salah satu solusi kreatif menjalankan kegiatan kampus di tengah pandemi Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.