Kompas TV internasional kompas dunia

Waduh, Tak Pakai Masker di Malaysia Siap-siap Didenda Rp 3 Jutaan

Kompas.tv - 4 Agustus 2020, 19:57 WIB
waduh-tak-pakai-masker-di-malaysia-siap-siap-didenda-rp-3-jutaan
Malaysia Berlakukan Denda Rp 3,4 Juta bagi yang Tak Pakai Masker (Sumber: Shutterstock/Hafiz Johari)
Penulis : Dian Septina

KOMPAS.TV - Pemerintah Malaysia mempertimbangkan untuk memberikan denda dan hukuman penjara bagi mereka yang menolak menggunakan masker saat penerapan aturan wajib pakai masker di tempat umum.

Hal tesebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Datuk Dr Noor Hisham Abdullah, seperti dikutip dari Straits Times.

Pada Selasa (28/7/2020), Noor Hisham mengatakan, hal ini karena jumlah kasus infeksi virus corona di Malaysia saat ini mengkhawatirkan.

Aturan ini diatur dalam Undang-undang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dan mereka yang tidak mematuhi aturan akan dikenakan denda hingga RM 1.000 atau hampir Rp 3,5 juta.

Baca Juga: Malaysia Akan Kembali Lockdown, Kasus Positif Covid-19 Melonjak

"Mengenakan masker wajah bisa mencegah gelombang kedua virus. Pengorbanan in diperlukan dari semua orang, setidaknya sampai vaksin siap," kata Noor Hisham.

Dr Noor mengingatkan, bahwa kementerian merekomendasikan penggunaan masker karena dinilai bisa mengurangi risiko infeksi hingga 65 persen dan jarak sosial dapat mengurangi risiko penularan hingga 70 persen.

Sementara itu, melansir pengumuman yang dibagikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia melalui akun Twitter-nya @KKMPutrajaya, kewajiban menggunakan masker dan hukuman denda akan diberlakukan mulai 1 Agustus 2020. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x