Kompas TV regional berita daerah

Temuan Cacing Pita Pada Hewan Kurban

Kompas.tv - 3 Agustus 2020, 23:14 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Kabupaten Brebes, menemukan sejumlah hati sapi kurban bercacing jumat pagi (31/07/2020). Cacing pita ini ditemukan usai penyembelihan hewan kurban di rumah pemotongan hewan di Kelurahan Limbangan, Brebes.

Cacing pita ini ditemukan mengendap di dalam hati, sehingga butuh ketelitian untuk menemukan dan mengeluarkan cacing pita. Cacing pita sangat tipis, dan panjangnya bisa mencapai 5 sentimeter. Untuk memastikan daging kurban aman saat dikonsumsi petugas memeriksa satu persatu hati sapi yang dipotong.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, Ismu Broto mengatakan hati yang mengandung cacing sangat berbahaya jika dikonsumsi, sehingga harus dibuang. Tidak hanya di rumah pemotongan hewan, petugas juga melakukan pemeriksaan ke sejumlah masjid masjid yang memotong hewan kurban.

Salah seorang pemilik hewan kurban mengaku senang melakukan pemotongan hewan kurban di rumah pemotongan hewan karena kesehatan daging lebih terjaga.

pada tahun ini jumlah hewan kurban yang dipotong di rumah pemotongan hewan mengalami peningkatan. Hal ini karena kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19 sehingga untuk menghindari kerumunan warga, pemotongan dilakukan di rumah pemotongan hewan.

 

#CacingPita #Kurban
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x