Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Partisipasi Atasi Covid-19, Balmon Banjarmasin Sosialisasikan Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.tv - 3 Agustus 2020, 22:17 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Banjarmasin, Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatikan Kemenkominfo, melakukan sosialisasi secara virtual aplikasi PeduliLindungi, senin pagi (8/3/2020).

Perbincangan secara virtual digelar dengan mengundang narasumber dari dinas kesehatan Kota Banjarmasin, telkom dan petinggi universitas.

Aplikasi PeduliLindungi diperkenalkan kepada dunia pendidikan dengan para peserta dari pesantren, akademisi hingga perwakilan media massa.

Aplikasi ini sendiri ditujukan untuk membantu masyarakat menghindari penularan covid-19 .

Sekaligus mempermudah pemerintah dalam menangani dengan cepat potensi penularan covid-19.

Baca Juga: Tunggu Perwali, Personil TNI Siap Kawal Penerapan Sanksi Denda Tidak Pakai Masker

Kepala Balai Monitor SFR Kelas II Banjarmasin, Mujiyo menjelaskan, aplikasi tersebut memiliki fitur tracing, fencing dan tracking yang dapat dimanfaatkan dalam masa pandemi saat ini.

Diantaranya memberi informasi ika seseorang pernah berdekatan atau kontak langsung dengan positif covid-19 berikut lokasinya.

Pada aplikasi tersebut juga akan memberi pemberitahuan dan peringatan jika masyarakat sedang berada di daerah terdampak atau di kerumunan.

Bagi suspek juga dimudahkan proses identifikasi jika memasuki daerah tertentu serta memberi peringatan jika berada di luar area isolasi mandiri.

Mujiyo menerangkan aplikasi ini dapat menjadi cara untuk membantu pemerintah mengatasi covid-19.

“Kita lihat saat ini masih terjadi penyebaran covid-19 di tengah masyarakat. Sehingga kita gunakan aplikasi tersebut untuk menghindarkan masyarakat dari kemungkinan terpapar covid-19”. Ucap Mujiyo.

“Disamping itu pemerintah juga memerlukan itu untuk membatasi penyebaran covid-19. Bagaimana caranya membantu pemerintah dan masyarakat, yaitu dengan menginstal dan mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi ini”, Terangnya.

Baca Juga: Pasca Wali Kota Positif Corona, Kantor Setdako Banjarbaru Diliburkan dan Disemprot Disinfektan

Sosialisasi merupakan kali kedua dilakukan Balmon SFR Banjarmasin.

Kali ini dengan melibatkan unsur pesantren dan akademisi, pihaknya berharap peran pesantren dan tokoh agama di dalamnya dapat menyampaikan aplikasi ini kepada santri bahkan masyarakat luas.

Sebab dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang tersebar luas tersebut dapat meningkatkan efektifitas manfaat aplikasi ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x