Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pesawat Perang Dunia II Ditemukan di Jayapura!

Minggu, 2 Agustus 2020 | 18:51 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Tim selam gabungan TNI-Polri dan Basarnas menemukan badan pesawat yang diduga digunakan Belanda saat perang dunia kedua di perairan Jayapura, Papua.

Penemuan ini diawali laporan dari nelayan lokal.

Badan pesawat ditemukan tim selam di kedalaman 22 meter Perairan Tanjung Demoy dengan kondisi sudah tak utuh  terdiri dari baling-baling samping kanan, sayap dan ekor pesawat.

Tim selam membutuhkan waktu dua hari untuk menemukan lokasi tepat puing-puing pesawat yang diprediksi berjenis Catalina, yakni pesawat yang bisa mendarat di permukaan air.

Koordinator tim selam sekaligus Wakil Direktur Polair Polda Papua AKBP Michael Mumbunan mengatakan penemuan kapal sisa perang dunia kedua ini setelah klub selam MM 97 DC melakukan penelusuran kurang lebih dua hari setelah menerima laporan dari masyarat yang bekerja sebagai nelayan penangkap ikan.

“Ternyata benar di dalam (laut) ada bangkai pesawat bagian sayap dan baling-baling. Itu berada di kedalaman 20-22 meter. Dari situ setelah kami melihat, kami menganalisa bahwa pesawat itu adalah pesawat peninggalan perang dunia kedua,” kata Michael, Minggu (2/8/2020).

Michael menyebut puing pesawat yang ditemukan menyisakan bagian baling-baling samping kanan sayap dan ekor yang sudah tidak utuh lagi ini diperkirakan berjenis catalina atau pesawat baling-baling dengan pendaratan di air.

Selain di wilayah Tanjung Demoy, tim selam juga mendapat informasi akan adanya puing pesawat di Kampung Kurisi yang lokasinya tidak berjauhan dengan Kampung Demoy. 

Editor : Sadryna Evanalia



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:50
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 5.197.749 POSITIF, 1.755.225 SEMBUH, 166.038 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   RSKI PULAU GALANG, BATAM, KEPULAUAN RIAU, TANGANI 52 PASIEN POSITIF KORONA HINGGA 13 AGUSTUS 2020   HINGGA 13 AGUSTUS 2020, RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN TANGANI 1.235 PASIEN POSITF KORONA   DISDIK: SELURUH SEKOLAH AKAN GELAR BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA SETELAH KOTA BEKASI MASUK STATUS ZONA KUNING   MENDAGRI IMBAU MASYARAKAT TAK GELAR LOMBA PANJAT PINANG SAAT PERAYAAN HUT KE-75 RI KARENA BERPOTENSI TULARKAN KORONA   PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU WARGA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH DAN UMBUL-UMBUL HINGGA 31 AGUSTUS 2020   KEMENKES BANTAH RS RUJUKAN KORONA DI DKI JAKARTA SUDAH PENUH   KEMENKES: PASIEN KORONA YANG TELAH SEMBUH BOLEH PULANG DARI RS TANPA HARUS 2 KALI TES NEGATIF   KOMNAS HAM KHAWATIR TERJADI "ABUSE OF POWER" JIKA RUU CIPTA KERJA DISAHKAN   KPK SITA LAHAN KELAPA SAWIT DI PADANG LAWAS, SUMUT, TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI   MANTAN BENDAHARA UMUM PARTAI DEMOKRAT MUHAMMAD NAZARUDDIN RESMI BEBAS MURNI HARI INI