Kompas TV nasional hukum

Ketua MPR Bambang Soesatyo Minta Polri Izinkan Masyarakat Sipil Gunakan Pistol Kaliber 9mm

Minggu, 2 Agustus 2020 | 13:52 WIB
ketua-mpr-bambang-soesatyo-minta-polri-izinkan-masyarakat-sipil-gunakan-pistol-kaliber-9mm
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Bambang Soesatyo (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, meminta Kapolri Jenderal Idham Azis hendaknya mempertimbangkan penggunaan pistol jenis peluru tajam kaliber 9mm untuk masyarakat sipil.

Tujuan kepemilikan pistol ini tak lain hanya untuk bela diri. Bagi masyarakat sipil yang hendak memilikinya, harus sudah memenuhi persyaratan kepemilikan senjata api.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menjelaskan, ada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 18 tahun 2015 yang mengatur jenis senjata api peluru tajam yang boleh dimiliki, yakni dibatasi untuk senapan berkaliber 12 GA dan pistol berkaliber 22, 25, dan 32.

Baca Juga: Anaknya Ditangkap Karena Pistol Mainan, Ibu di Inggris Ini Gugat Kepolisian

"Sebetulnya di berbagai negara, sudah memperbolehkan menggunakan pistol kaliber 9 mm," kata Bamsoet pada Sabtu (1/8/2020).

"Mungkin Kapolri bisa mempertimbangkan merevisi Perkap tersebut."

Seperti diketahui, dalam Perkap tersebut, ada tiga macam senjata api yang boleh dimiliki untuk membela diri. Selain senjata api peluru tajam, ada senjata api peluru karet dan senjata api peluru gas.

Editor : Tito Dirhantoro

1
2
3
4



BERITA LAINNYA


KOMPAS DUNIA

Kenali Mulan Asli di Dunia Nyata Ini

Kamis, 13 Agustus 2020 | 22:09 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:22
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   MASKAPAI HONG KONG, CATHAY PACIFIC AIRWAYS, MERUGI RP 18,8 TRILIUN DI SEMESTER I 2020   WALI KOTA TEGAL DEDY YON SUPRIYONO MEROMBAK BESAR-BESARAN JAJARAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI TENGAH PANDEMI    SATGAS PENANGANAN COVID-19 PAPUA: 289 ANAK USIA 0-19 TAHUN DI PAPUA POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 4 TENAGA KESEHATAN RSUD KLUNGKUNG, BALI, POSITIF TERTULAR KORONA SAAT MENANGANI PASIEN COVID-19   PEMERINTAH TENGAH SIAPKAN INSENTIF KREDIT MODAL KERJA MAKSIMAL RP 10 JUTA UNTUK IBU RUMAH TANGGA DAN KORBAN PHK   OJK CABUT IZIN USAHA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT LUGANO KOTA BEKASI   PROSES PEMBANGUNAN PROYEK REL DWIGANDA (DDT) STASIUN BEKASI SUDAH MENCAPAI 40 PERSEN   SATGAS COVID-19 IMBAU TOKOH PUBLIK SELALU SAMPAIKAN INFORMASI KORONA YANG VALID   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA KEMENTERIAN/LEMBAGA BANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK SOAL PENANGANAN KORONA   POLRI DUKUNG PEMBERIAN SANKSI SOSIAL UNTUK PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN COVID-19   TNI TEGASKAN TAK AKAN TURUNKAN ALUTSISTA DALAM PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN KORONA   MENDAGRI TITO KARNAVIAN SEBUT DEBAT PUBLIK CALON KEPALA DAERAH BAKAL USUNG TEMA PANDEMI KORONA