Kompas TV nasional sapa indonesia

Siapa Lagi yang Bantu Pelarian Djoko Tjandra? Komjen Listyo Sigit: Nanti Semua akan Ketahuan

Sabtu, 1 Agustus 2020 | 21:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terpidana kasus pengalihan hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra telah menempati Lapas Salemba Cabang Bareskrim Polri.  

Djoko Tjandra menempati sel tahanan sendirian.

Djoko Tjandra menempati sel nomor 1.

Dia satu rutan  dengan tersangka kasus surat perjalanan Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo, yang berada di sel nomor 26.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah  menyerahkan Djoko Tjandra  ke Kejaksaan Agung.

Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri akan mendalami adanya dugaan aliran dana dari Djoko Tjandra, ke pihak-pihak yang yang membantu pelariannya.

Bareskrim Polri juga menetapkan Anita Kolopaking, kuasa hukum Djoko Tjandra, sebagai tersangka terkait surat jalan kliennya.

Anita diduga membantu Djoko Tjandra melobi Brigjen Prasetijo Utomo.

Dari lobi itu, Prasetijo Utomo menerbitkan surat jalan Djoko Tjandra ke Pontianak pada 18 Juni dan kembali ke Jakarta pada 22 Juni.

Sementara itu, keluarga Djoko Tjandra menunjuk Otto Hasibuan sebagai kuasa hukum untuk kasus korupsi hak tagih Bank Bali.

Namun Otto belum menentukan sikap, karena harus menanyakan beberapa hal kepada Djoko Tjandra, termasuk apakah masih ada pengacara lain yang mewakili Djoko Tjandra.

Djoko tjandra merupakan buron kejaksaan selama 11 tahun.

Namanya kembali mengemuka setelah dia berupaya melakukan peninjauan kembali ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Hingga dengan bebasnya,  membuat KTP Elektronik dan Paspor sehingga bisa mendaftar PK ke pengadilan.

Akhirnya, Djoko Tjandra berhasil ditangkap di Malaysia, pada Kamis 30 Juli lalu.

Lebih lengkap, soal bagaimana kinerja Polri yang berhasil melacak dan memulangkan sang buron koruptor 11 tahun, ke tanah air.

Termasuk sejauh mana transparansi Polri dalam mengungkap kasus ini?

Kita bahas bersama Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:00
POLRI SEBUT EMPAT ORANG YANG TEWAS DI KABUPATEN SIGI DIDUGA DIBUNUH KELOMPOK TERORIS ALI KALORA   DINKES KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH: 40 PETUGAS PENYELENGGARA PILKADA KLATEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   BUPATI BOGOR ADE YASIN DINYATAKAN NEGATIF COVID-19 SEUSAI TES USAP KETIGA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT UU CIPTA KERJA PERMUDAH USAHA PENGOLAHAN IKAN    KPK MENDUGA WALI KOTA CIMAHI AJAY M PRIATNA MEMINTA SUAP RP 3,3 MILIAR UNTUK PERIZINAN RS KASIH BUNDA   KPK SEBUT DUA TERSANGKA SUAP PERIZINAN RS KASIH BUNDA YAITU WALI KOTA CIMAHI AJAY M PRIATNA DAN HUTAMA YONATHAN   KPK TETAPKAN DUA TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP PERIZINAN PENGEMBANGAN RS KASIH BUNDA, CIMAHI, JAWA BARAT   BPBD LEMBATA, KUPANG, NTT, MENGATAKAN ERUPSI GUNUNG III LEWOTOLOK TIDAK BERDAMPAK PADA MASYARAKAT   POLDA GORONTALO TANGKAP 7 TERDUGA TERORIS DI KABUPATEN, POHUWATO, GORONTALO   SITA UANG TUNAI DARI PENGGELEDAHAN DI KEMENTERIAN DAN KELAUTAN, KPK: SAAT INI MASIH DILAKUKAN PENGHITUNGAN   KPK SITA UANG TUNAI DALAM BENTUK RUPIAH DAN MATA UANG ASING SAAT GELEDAH KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN   KEMENKES TERBITKAN IZIN OPERASIONAL LABORATORIUM PCR DI RSUD KABUPATEN BULELENG, BALI    KEMENKEU BERI PINJAMAN KE PERUMNAS UNTUK PENYEDIAAN SATU JUTA RUMAH   KETUA KOMISI III DPR HERMAN HERY MENDESAK APARAT BERTINDAK TEGAS PELAKU PEMBUNUHAN SATU KELUARGA DI SIGI, SULTENG