Kompas TV klik360 cerita indonesia

Diperebutkan Tiga Dinasti Politik, Apa Keistimewaan Tangerang Selatan?

Rabu, 29 Juli 2020 | 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemilihan Kepala Daerah Tangerang Selatan di tahun 2020 ini dipenuhi aroma pertarungan dinasti politik. Para elit politik memberikan perhatian besar pada gelaran Pilkada Tangsel tahun ini.

Setidaknya ada 3 nama yang disebut-sebut terkait dengan dinasti politik, yang akan berebut kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel.

Mereka adalah Siti Nur Azizah yang merupakan putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang merupakan keponakan Ketua Umum Gerindra dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Pilar Saga, yang merupakan anak dari Ratu Tatu Chasanah, dan masih kerabat dekat Ratu Atut Chosiyah.

Apa istimewanya Tangerang Selatan hingga diperebutkan oleh tiga dinasti politik?

Tangerang Selatan merupakan kotamadya yang baru berusia 12 tahun di tahun 2020 ini. Kota yang dulunya disebut sebagai kawasan Cipasera ini, memiliki potensi ekonomi yang cukup besar sebagai penyangga Jakarta.

Cipasera adalah singkatan dari Ciputat, Cisauk, Pamulang, Pagedangan, Serpong, dan Pondok Aren.

Menurut catatan Kompas, saat masih menjadi bagian dari Kabupaten Tangerang saja, kawasan Cipasera memberikan kontribusi 30 persen untuk pendapatan daerah Kabupaten Tangerang.

Setelah 12 tahun berdiri sendiri sebagai kota, Tangerang Selatan semakin eksis. Di kuartal ketiga tahun 2019, PAD Tangerang Selatan sempat tembus Rp 1,4 triliun.

PAD ini bersumber dari pajak daerah, berupa pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, PBB dan BPHTB, belum termasuk pendapatan dari wajib pajak baru.

Eksistensi Tangsel sebagai penopang ibu kota kian mencuat dengan rencana pembangunan klaster digital, layaknya Silicon Valley di California, Amerika Serikat. Perusahaan teknologi Apple Inc. telah mendirikan Apple Developer Academy di sini.

Langkah ini tentunya memperbesar kemungkinan sejumlah perusahaan teknologi dunia untuk berinvestasi di Indonesia.

Penulis : Laura Elvina




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:04
PANGLIMA TNI BERANGKATKAN SATGAS MTF TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL DENGAN KRI KE LEBANON DARI DERMAGA BATU AMPAR BATAM   KEMENPAN-RB SIAPKAN PENERIMAAN 189.000 PEGAWAI PEMDA SE-INDONESIA TAHUN INI   UJI COBA TARIF PARKIR TERTINGGI MOBIL TAK LULUS UJI EMISI DI PARKIRAN SAMSAT DAAN MOGOT, JAKBAR, BERLAKU MINGGU INI   KEMENLU DAN KBRI YANGON MENYATAKAN EVAKUASI WNI DI MYANMAR BELUM MENDESAK DILAKUKAN   KBRI YANGON MENGIMBAU WNI YANG BERADA DI MYANMAR TETAP TENANG DAN BERDIAM DIRI DI KEDIAMAN MASING-MASING   KBRI YANGON MENETAPKAN STATUS SIAGA II TERKAIT SITUASI TERAKHIR DI MYANMAR   MENLU RI: INDONESIA SANGAT PRIHATIN MELIHAT MENINGKATNYA KEKERASAN DI MYANMAR YANG MEMAKAN BANYAK KORBAN   MENKO KEMARITIMAN & INVESTASI LUHUT PANDJAITAN MINTA PEMDA MEMBANTU PEMERINTAH PUSAT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA GUBERNUR HINGGA MENTERI TAK RAGU MENEGAKKAN HUKUM TERHADAP PELAKU KARHUTLA   HARI INI, MENKO POLHUKAM MAHFUD MD BERI SAMBUTAN DALAM RAKORNAS PENANGGULANGAN BENCANA 2021 YANG DIGELAR BNPB   WAPRES MA’RUF AMIN SEBUT VAKSINASI COVID-19 JADI SALAH SATU UPAYA PEMULIHAN EKONOMI   PRESIDEN JOKOWI: BELUM ADA PENELITIAN TUNJUKKAN VIRUS KORONA B117 LEBIH MEMATIKAN   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA MASYARAKAT TAK KHAWATIR DENGAN ADANYA VIRUS KORONA VARIAN BARU B117    PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMBERLAKUAN PPKM BERSKALA MIKRO AKAN DIKEMBANGKAN DI LUAR PULAU JAWA