Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penyebaran Covid-19, UNDIP Gelar Wisuda Pakai Robot

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 12:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Robot ini menggantikan kehadiran fisik para wisudawan dan wisudawati yang tidak bisa hadir pada acara wisuda yang ke - 159, karena sejumlah kebijakan pandemi Covid-19 dalam upaya pencegahan penularan virus korona. Robot peraga ini dirancang semirip mungkin dengan sosok wisudawan wisudawati. Robot yang mewakili wisudawan menggunakan celana hitam, memakai jubah wisuda lengkap dengan toga.

Sementara robot yang mewakili wisudawati memakai kain jarik bermotif cerah, badannya mengenakan jubah hitam seperti wisudawan. Dan bagi wisudawati yang berhijab diwakili oleh robot yang kepalanya ditutup hijab.

Tinggi robot disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia pada umumnya yakni 160 centimeter. Robot ini berdiri diatas kotak yang dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari batere kering atau aki. Untuk menjalankan robot bisa maju dan mundur serta berputar, menggunakan remote control yang dapat dikendalikan dari jarak hingga 15 meter. 

Universitas Diponegoro (UNDIP) menggelar wisuda daring atau online menggunakan robot mulai tanggal 27 hingga 30 Juli 2020. Total ada 2.567 lulusan Universitas Diponegoro (UNDIP)yang diwisuda secara virtual dalam acara ini. 

#Wisuda #UNDIP #Robot

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x