Kompas TV regional berita daerah

Keren! Wisuda Daring, Undip Gunakan Robot Wisudawan

Kompas.tv - 28 Juli 2020, 10:16 WIB
Penulis : Merlion Gusti

SEMARANG, KOMPAS.TV - Situasi di tengah pandemi, mengharuskan para wisudawan Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, menjalani prosesi secara daring. 

Tak sampai di situ saja, pihak kampus, menyediakan robot wisudawan, yang bisa mewakili berkomunikasi, bersalaman hingga menerima ijazah.

Toga sudah terpasang rapi, tinggal menanti prosesi. Jangan terkecoh, yang menjalani wisuda bukan mahasiswa sungguhan. Melainkan robot.

Ya, prosesi wisuda di Universitas Diponegoro Semarang, digelar berbeda, demi menaati protokol kesehatan di tengah pandemi, para wisudawan cukup di rumah saja. Yang mengantri adalah para robot ini.

Ada tiga robot yang mewakili 2. 561 wisudawan yang lulus. Sejumlah fitur pada robot ini antara lain yakni bisa tatap muka, komunikasi, bersalaman dan menerima ijazah.

Pembuatan robot wisudawan ini memakan waktu satu bulan. Rencananya, undip menggelar wisuda daring menggunakan robot wisudawan dari tanggal 27 hingga 30 Juli.

Harapannya, teknologi serupa bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain. Tentunya, dengan penambahan fitur yang lebih canggih.

Selain itu, Selama pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Plus-Wali Songo Trenggalek, Jawa Timur, berlangsung di rumah.

Termasuk ujian akhir untuk menentukan kelulusan para siswa.

Meski belajar dan ujian di rumah, namun acara pelepasan para siswa tetap dilaksanakan di sekolah.

Penyelenggaraannya pun dibuat berbeda, dengan tahun-tahun sebelumnya.

Acara pelepasan siswa tidak lagi dilaksanakan di dalam gedung, dan mengumpulkan seluruh siswa dan walinya, namu acara pelepasan siswa kali ini dibuat secara "drive thru".

Para siswa dan wali mengantre masuk ke sekolah, di atas kendaraan masing-masing.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x