Kompas TV nasional aiman

Dinasti Politik Tumbuh Subur di Indonesia ? - AIMAN (Bag 5)

Senin, 27 Juli 2020 | 22:48 WIB

Sempat terkena imbas pandemi korona, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 tetap dilaksanakan di akhir tahun ini, tepatnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Putusan ini lantas mendapat banyak perhatian. Tak terkecuali para calon peserta kontestasi politik yang tak biasa, beberapa diantaranya berasal dari kerabat pejabat. 

Sebut saja diantaranya putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang akan mengikuti kontestasi di Pilkada Kota Solo, Siti Nur Azizah putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilkada Kota Tangerang Selatan. Selain mereka, ada juga Hanindhito Himawan yang merupakan putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Ipuk Festiandani, istri dari Bupati Banyuwangi 2 Periode, Azwar Anas. 

Benarkah politik kerabat digunakan sebagai jalan pintas untuk menang? Apa keuntungan dan kerugiannya jika dinasti politik tumbuh subur di Indonesia? Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mendatangi salah satu bakal calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati dan akan berbincang mengenai hal ini? Apa yang disampaikannya?  

Editor : Yudho Priambodo



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:00
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 5.197.749 POSITIF, 1.755.225 SEMBUH, 166.038 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   RSKI PULAU GALANG, BATAM, KEPULAUAN RIAU, TANGANI 52 PASIEN POSITIF KORONA HINGGA 13 AGUSTUS 2020   HINGGA 13 AGUSTUS 2020, RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN TANGANI 1.235 PASIEN POSITF KORONA   DISDIK: SELURUH SEKOLAH AKAN GELAR BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA SETELAH KOTA BEKASI MASUK STATUS ZONA KUNING   MENDAGRI IMBAU MASYARAKAT TAK GELAR LOMBA PANJAT PINANG SAAT PERAYAAN HUT KE-75 RI KARENA BERPOTENSI TULARKAN KORONA   PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU WARGA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH DAN UMBUL-UMBUL HINGGA 31 AGUSTUS 2020   KEMENKES BANTAH RS RUJUKAN KORONA DI DKI JAKARTA SUDAH PENUH   KEMENKES: PASIEN KORONA YANG TELAH SEMBUH BOLEH PULANG DARI RS TANPA HARUS 2 KALI TES NEGATIF   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MENDAPAT BINTANG JASA UTAMA DARI PRESIDEN JOKOWI   KPK SITA LAHAN KELAPA SAWIT DI PADANG LAWAS, SUMUT, TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI   MANTAN BENDAHARA UMUM PARTAI DEMOKRAT MUHAMMAD NAZARUDDIN RESMI BEBAS MURNI HARI INI