Kompas TV nasional aiman

Pilkada Serentak Mendapat Banyak Perhatian Karena Tak Biasa - AIMAN (Bag 2)

Senin, 27 Juli 2020 | 22:35 WIB

Sempat terkena imbas pandemi korona, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 tetap dilaksanakan di akhir tahun ini, tepatnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Putusan ini lantas mendapat banyak perhatian. Tak terkecuali para calon peserta kontestasi politik yang tak biasa, beberapa diantaranya berasal dari kerabat pejabat. 

Sebut saja diantaranya putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang akan mengikuti kontestasi di Pilkada Kota Solo, Siti Nur Azizah putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilkada Kota Tangerang Selatan. Selain mereka, ada juga Hanindhito Himawan yang merupakan putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Ipuk Festiandani, istri dari Bupati Banyuwangi 2 Periode, Azwar Anas. 

Benarkah politik kerabat digunakan sebagai jalan pintas untuk menang? Apa keuntungan dan kerugiannya jika dinasti politik tumbuh subur di Indonesia? Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mendatangi salah satu bakal calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati dan akan berbincang mengenai hal ini? Apa yang disampaikannya?  

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:11
GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INGATKAN MASYARAKAT UNTUK TETAP JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN MEMUTUS PENYEBARAN COVID -19   KADISHUB DKI TUTUP PELINTASAN SEBIDANG KERETA API PALMERAH DI JALAN TENTARA PELAJAR MULAI HARI INI, PUKUL 23.00 WIB    JELANG PILKADA, 40 ANGGOTA BAWASLU KABUPATEN TASIKMALAYA REAKTIF COVID-19   SATGAS COVID-19 TEGASKAN TINDAKAN MENGHALANGI PETUGAS KESEHATAN DALAM PENANGANAN COVID-19 AKAN DIBERI SANKSI   PRESIDEN JOKOWI TETAPKAN PILKADA 9 DESEMBER 2020 SEBAGAI HARI LIBUR NASIONAL   HINGGA 28 NOVEMBER 2020, KEMLU: TOTAL WNI TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI 2.035 ORANG   KEMLU MENCATAT ADA 32 KASUS BARU WNI DI LUAR NEGERI YANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19    WALI KOTA BIMA ARYA SUGIARTO SEBUT RIZIEQ SHIHAB JALANI TES USAP TANPA DIDAMPINGI DINKES KOTA BOGOR   PASCA-PENYERANGAN ORANG TIDAK DIKENAL, 150 KELUARGA DI DESA LEMBAN TONGOA, SIGI, SULTENG, DIUNGSIKAN   KETUA PGI: SAYA MOHON APARAT KEAMANAN TUNTASKAN SISA-SISA KOMBATAN TERORIS AGAR MASYARAKAT BEBAS DARI TEROR   KETUA PGI MINTA POLISI USUT TUNTAS KASUS PEMBUNUHAN SATU KELUARGA OLEH ORANG TIDAK DIKENAL DI SIGI, SULTENG   KAPOLDA SULAWESI TENGAH BANTAH ADA GEREJA YANG DIBAKAR OLEH SEKELOMPOK ORANG TIDAK DIKENAL   DIRUT RSCM MENGATAKAN KONDISI TERPIDANA TERORIS ABU BAKAR BA'ASYIR STABIL   JELANG 1 DESEMBER 2020, ASOPS KOGABWILHAN TEGASKAN TNI SIAP TINDAK TEGAS PENGGANGGU KEAMANAN DI PAPUA