Kompas TV nasional aiman

Pilkada Serentak Mendapat Banyak Perhatian Karena Tak Biasa - AIMAN (Bag 2)

Senin, 27 Juli 2020 | 22:35 WIB

Sempat terkena imbas pandemi korona, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 tetap dilaksanakan di akhir tahun ini, tepatnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Putusan ini lantas mendapat banyak perhatian. Tak terkecuali para calon peserta kontestasi politik yang tak biasa, beberapa diantaranya berasal dari kerabat pejabat. 

Sebut saja diantaranya putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang akan mengikuti kontestasi di Pilkada Kota Solo, Siti Nur Azizah putri dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilkada Kota Tangerang Selatan. Selain mereka, ada juga Hanindhito Himawan yang merupakan putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Ipuk Festiandani, istri dari Bupati Banyuwangi 2 Periode, Azwar Anas. 

Benarkah politik kerabat digunakan sebagai jalan pintas untuk menang? Apa keuntungan dan kerugiannya jika dinasti politik tumbuh subur di Indonesia? Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mendatangi salah satu bakal calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati dan akan berbincang mengenai hal ini? Apa yang disampaikannya?  

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:12
PK TERHADAP PERKARA MANTAN KEPALA BPPN SYAFRUDDIN ARSYAD TEMENGGUNG DITOLAK, KPK: KAMI HORMATI PUTUSAN MA   MA TOLAK PERMOHONAN PK YANG DIAJUKAN KPK TERKAIT PUTUSAN MANTAN KEPALA BPPN SYAFRUDDIN ARSYAD TEMENGGUNG   KOORDINATOR MAKI BOYAMIN SAIMAN MENILAI BARESKRIM POLRI PERLU MEMERIKSA JAKSA PINANGKI TERKAIT DJOKO TJANDRA   KPAI SARANKAN KEMENDIKBUD GRATISKAN INTERNET SISWA DARI DANA PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK (POP)   SOAL KLAIM HADI PRANOTO, KEMENKES: OBAT HARUS LOLOS UJI ILMIAH   KAROPENMAS SEBUT BARESKRIM PANGGIL PENGACARA DJOKO TJANDRA, ANITA KOLOPAKING SELASA, 4 AGUSTUS 2020   BUPATI BOGOR MINTA PENAMPUNGAN MIGRAN DIPINDAH DARI PUNCAK BOGOR   KEMENKES MINTA MASYARAKAT TIDAK MUDAH PERCAYA KLAIM HADI PRANOTO   TANGGAPI HADI PRANOTO, KEMENKES TEGASKAN PRODUKSI OBAT TIDAK SEMBARANGAN    GUBERNUR JAWA TENGAH GANJAR PRANOTO AKAN POTONG GAJI ASN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DI KANTOR   KEMENDIKBUD BERI BANTUAN DANA UANG KULIAH TUNGGAL KEPADA 419.605 MAHASISWA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA TEGASKAN PENENTUAN ZONA HIJAU BUKAN WEWENANG DAERAH   BAWASLU SEBUT PENYEDIAAN ALAT PELINDUNG DIRI UNTUK PENYELENGGARA PILKADA BELUM 100 PERSEN    KEMENRISTEK TIDAK PERNAH MEMBERIKAN DUKUNGAN UJI KLINIS OBAT HERBAL PRODUKSI BIO NUSWA YANG DIAKUI HADI PRANOTO