Kompas TV regional berita daerah

Buruh Terdampak Covid-19 Minta Dipekerjakan Lagi

Senin, 27 Juli 2020 | 11:01 WIB

SLEMAN, KOMPAS.TV - Menuntut dipekerjakan kembali setelah di rumahkan akibat pandemi covid-19, para buruh juga mendesak pihak perusahaan untuk segera melunasi tunjangan hari raya, yang hingga kini belum juga dibayarkan.

Dengan berpakaian serba hitam dan membawa beragam poster tuntutan, buruh wanita ini menggelar unjuk rasa di depan sebuah pabrik benang, di Kawasan Caturharjo, SlemanYogyakarta. Mereka menuntut dipekerjakan kembali setelah di rumahkan, akibat pandemi Covid-19.

Para buruh mengaku mereka dibohongi oleh pihak managemen pabrik, karena di awal pandemi Covid-19 para buruh di rumahkan dengan janji akan kembali dipanggil bekerja saat pabrik kembali beroperasi. Namun kenyataannya, hingga pabrik kembali beroperasi dan sebagian karyawan lain mulai bekerja kembali, ke-47 buruh wanita ini belum juga dipanggil untuk bekerja.

Selain menuntut dipekerjakan kembali, para buruh yang menggelar unjuk rasa juga meminta pihak managemen pabrik, untuk membayar tunjangan hari raya (THR) mereka sebesar satu kali gaji. Pasalnya, tunjangan hari raya itu belum sempat mereka terima, karena pihak managemen sudah lebih dulu merumahkan mereka sebelum lebaran tiba.

Sementara itu, pihak managemen menolak bertemu dengan para pengunjuk rasa, dan memilih melakukan perundingan dengan pihak mediator yang diwakili kuasa hukum serikat buruh. Kepada mediator, pihak managemen pabrik berdalih, telah terjadi jual beli perusahaan. Sehingga, managemen yang ada saat ini adalah managemen baru, yang tidak tahu menahu soal perjanjian antara managemen sebelumnya dengan para buruh.

Karena kesepakatan belum tercapai, pihak buruh pun mengancam akan kembali menggelar unjuk rasa hingga tuntutan mereka dipenuhi.

#PandemiCovid19 #Buruh #UnjukRasa

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:59
WHO GELAR PERTEMUAN INTERNASIONAL DENGAN SEJUMLAH AHLI DAN PAKAR UNTUK SELIDIKI ASAL MULA PENYEBARAN KORONA   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA TAK LENGAH TEGAKKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI   SIANG INI, POLRES BOGOR BERLAKUKAN SISTEM SATU ARAH DI JALUR PUNCAK GUNA ANTISIPASI ARUS BALIK LIBUR PANJANG   DKI JAKARTA TERPILIH SEBAGAI KOTA TERBAIK DI DUNIA DALAM SUSTAINABLE TRANSPORT AWARD 2021   INDONESIA JADI TUAN RUMAH UNTUK KUALIFIKASI NOMOR KANO OLIMPIADE TOKYO   DUBAI AKAN MEMBUAT 12 PANTAI BUATAN BARU DAN SEJUMLAH RUANG HIJAU DENGAN LUAS 8 JUTA METER PERSEGI   ORGANISASI PARIWISATA DUNIA (WTO) PERKIRAKAN PARIWISATA GLOBAL AKAN PULIH PADA KUARTAL KETIGA 2021   SINGAPURA TERIMA WISATAWAN TIONGKOK MULAI 6 NOVEMBER 2020   MENHUB BUDI KARYA SUMADI JANJI BERI SOLUSI UNTUK NELAYAN YANG TERDAMPAK DARI PEMBANGUNAN PELABUHAN PATIMBAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PASTIKAN PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG BEROPERASI TERBATAS PADA AKHIR NOVEMBER 2020   MULAI NOVEMBER 2020, PT KAI DAOP IX JEMBER TAMBAH OPERASIONAL KERETA API SEIRING DENGAN PENINGKATAN PENUMPANG   KEMENTERIAN PERTANIAN SIAPKAN PROGRAM NASIONAL SEBAGAI LANGKAH ANTISIPASI DAMPAK LA NINA   PEMERINTAH SEBUT BANYAKNYA HOAKS JADI HAMBATAN PELAKSANAAN PROSES VAKSINASI KORONA   PRESIDEN JOKOWI AJAK MASYARAKAT INDONESIA UNTUK HIDUPKAN KEMBALI BUDAYA TANGGUH BENCANA DALAM MENGHADAPI PANDEMI