Kompas TV TALKSHOW rosi

Nama Besar, Jaminan Kemenangan di Pilkada? - ROSI (Bag 3)

Kompas.tv - 23 Juli 2020, 22:43 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Pilkada serentak tahun 2020 menjadi spesial karena munculnya sejumlah nama anak, menantu hingga kerabat dekat pejabat negara sebagai calon Kepala Daerah.

Salah satu nama yang menjadi sorotan adalah putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabumingraka. Ia berpeluang besar menjadi calon tunggal Walikota Solo, setelah mendapat sokongan dari hampir semua partai. Benarkah ini tak lepas dari faktor Jokowi?

Berikut Rosi "Politik Dinasti, Dari Orde Baru Hingga Jokowi".

Kekuasaan harus digapai dan dipertahankan, meski harus membuang bab etika ke tong sampah. Demikian filsuf era Renaisans, Nicollo Machiavelli, berujar dalam salah satu adikaryanya, Il Principe (Sang Pangeran).

Politik dinasti menjadi praktik melanggengkan kekuasaan yang paling populer di mata para pemimpin di dunia. Hampir seluruh negara pernah dikuasai dinasti politik. Walaupun sistem demokrasi telah hadir untuk memilih pemimpin pemerintahan, politik dinasti akan terus ada dan bercokol di negara-negara tersebut, termasuk Indonesia. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.