Kompas TV regional politik

Ini Penantang Gibran di Pilkada Solo dari Jalur Independen, Sang Tukang Jahit dan Ketua RW

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 21:24 WIB
ini-penantang-gibran-di-pilkada-solo-dari-jalur-independen-sang-tukang-jahit-dan-ketua-rw
Pasangan Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surakarta dari jalur Independen di Pilkada Solo 2020, Sabtu (8/2/2020). (Sumber: (KOMPAS.com/LABIB ZAMANI))
Penulis : Tito Dirhantoro

SOLO, KOMPAS TV - Bagyo Wahyono dan FX Supardjo tampaknya serius mencalonkan diri untuk menantang Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020.

Pasangan bakal calon independen yang biasa dikenal dengan sebutan Bajo itu masih bergerilya untuk mengumpulkan 20.000 e-KTP tambahan agar lolos verifikasi faktual di KPU Solo, Jawa Tengah. 

Lalu, siapakah sebenarnya kedua pria tersebut? 

Baca Juga: Doa Risma untuk Gibran Maju Pilkada Solo: Selamat Berjuang, Mudah-mudahan Terwujud!

Mereka ternyata merupkan sosok sederhana. Bagyo Wahyono diketahui bekerja sebagai penjahit baju. Sedangkan FX Supardjo saat ini menjabat sebagai ketua RW di sebuah kampung.

Bagyo merupakan warga RT 01/06, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan, Solo. Sedangkan FX Supardjo adalah warga RT 01/07, Kampung Karangturi, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo.

Ketua Tim Sukses Bajo, Robert Hananto, mengatakan pasangan Bagyo Wahyono dan FX Supardjo maju Pilkada Solo 2020 disusung oleh Yayasan Tikus Pithi. 

Meski keduanya merupakan sosok sederhana dan tidak punya banyak uang, tapi bukan berarti tak layak untuk maju dalam Pilkada Solo. Karena itu, pihaknya tak ingin muluk-muluk.

Baca Juga: Gibran-Teguh Tak Lawan Kotak Kosong, PKS Akan Siapkan Calon

"Kami tidak perlu muluk-muluk untuk mengusung pasangan cawali dan cawawali dari jalur independen," kata Robert Hananto, Rabu (22/7).

Dia menjelaskan, majunya Bagyo Wahyono dan FX Supardjo di Pilkada Solo menunjukkan bahwa pencalonan keduanya dilakukan tanpa mahar politik. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x