Kompas TV nasional peristiwa

Sultan Kasepuhan XIV Cirebon PRA Arief Natadiningrat Meninggal Dunia

Kompas.tv - 22 Juli 2020, 10:23 WIB
sultan-kasepuhan-xiv-cirebon-pra-arief-natadiningrat-meninggal-dunia
Sultan Kasepuhan XIV Cirebon PRA Arief Natadiningrat (Sumber: Antara)
Penulis : Ninuk Bunski

 

CIREBON, KOMPAS.TV - Sultan Kasepuhan XIV Cirebon PRA Arief Natadiningrat meninggal dunia pada Rabu (22/7/2020) pukul 05.20 WIB. 

Kabar dukacita itu dikemukakan salah satu anggota keluarga besar Keraton Kasepuhan Cirebon PR Luqman Zulkaedin, seperti dikutip dari Antraranews. "Telah berpulang ke rahmatullah Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat," kata Luqman Zulkaedin.

Luqman Zulkaedin menuturkan jenazah Sultan XIV Arief akan dikebumikan siang ini di pemakaman Astana Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

"Insya Allah dikebumikan di Pemakaman Astana Gunung Jati," ujar dia. 

Hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai penyebab Sultan Kasepuhan XIV Cirebon PRA Arief Natadiningrat meninggal dunia. Namun dalam beberapa hari terakhir, Sultan Arief dirawat di salah satu rumah sakit yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Sebagai informasi, Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat merupakan Sultan Sepuh ke XIV yang memimpin Keraton Kasepuhan Cirebon. PRA Arief Natadiningrat naik takhta sebagai Sultan Sepuh XIV pada 9 Juni 2010. Beliau menggantikan ayahnya, Sultan Sepuh XIII, tepat 40 hari setelah wafatnya. 

Dikutip dari laman resmi Keraton Kasepuhan, penobatan ini dilakukan dalam rangkaian acara “Jumenengan” yang  ditandai dengan penanaman keris Sunan Gunung Jati oleh PRA Arief Natadiningrat di Keraton Kasepuhan Cirebon. Termasuk melepaskan 14 merpati putih, menanam 14 pohon langka dari "Dewan Daru", dan menyunat 14 anak yatim piatu.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x