Kompas TV nasional hukum

Mangkir Sidang PK Lagi, Djoko Tjandra Surati Majelis Hakim, Ini Isinya

Kompas.tv - 20 Juli 2020, 14:02 WIB
mangkir-sidang-pk-lagi-djoko-tjandra-surati-majelis-hakim-ini-isinya
Djoko Sugiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Mangkir Sidang PK Lagi, Djoko Tjandra Surati Majelis Hakim, Ini Isinya. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadhilah

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Buronan kasus korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra, kembali mangkir pada sidang Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hari ini, Senin (20/7/2020).

Dia beralasan masih sakit. Hal tersebut diketahui dalam surat Djoko Tjandra kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Surat tersebut pada intinya berisi permohonan maaf Djoko Tjandra yang tidak bisa menghadiri sidang PK.

Baca Juga: Djoko Tjandra Mangkir Sidang PK Lagi, Hanya Kirim Surat dari Malaysia

Dalam surat yang dibacakan kuasa hukum, Djoko Tjandra menulisnya dari Kuala Lumpur, Malaysia, 17 Juni 2020.

"Sebagaimana sidang sebelumnya yang ditunda pada 29 Juni 2020 dan 6 Juli 2020, saya selaku pemohon meminta maaf kepada Majelis Hakim yang memeriksa permohonan atas ketidakhadiran karena kondisi kesehatan yang menurun, sehingga tidak bisa hadir di tengah pandemi Covid-19," kata kuasa hukum Djoko Tjandra, Andi Putra Kusuma, saat membacakan surat tersebut.

Selain itu, masih dalam surat tersebut, Djoko Tjandra juga meminta Majelis Hakim melakukan pemeriksaan lewat teleconference.

"Demi tercapainya keadilan, lewat surat ini saya mohon agar dapat melaksanakan pemeriksaan secara daring. Besar harapan saya Majelis Hakim dapat mengabulkan permohonan saya," ujar Andi.

Respons Majelis Hakim

Atas surat itu, Ketua Majelis Hakim Nazar Effriadi menyimpulkan bahwa Joko tidak berniat hadir ke sidang.

Dia menegaskan bahwa pemohon PK tak bisa diperiksa melalui telekonferensi karena menyalahi Surat Edaran Mahkamah Agung.

Meski begitu, Nazar kembali menunda persidangan Joko Tjandra hingga pekan depan. Agenda sidang adalah mendengar pendapat jaksa atas permohonan Djoko Tjandra untuk hadir melalui telekonferensi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x