Kompas TV nasional sosial

Plan Indonesia Beri Bantuan Ribuan Alat Kebersihan dan Perlengkapan Sekolah di Lembata

Kompas.tv - 17 Juli 2020, 23:34 WIB
plan-indonesia-beri-bantuan-ribuan-alat-kebersihan-dan-perlengkapan-sekolah-di-lembata
PLAN Indonesia menyerahkan bantuan kepada anak-anak dan siswa SD dan SMP, (Sumber: Dok. Plan Indonesia)
Penulis : Tito Dirhantoro

LEMBATA, KOMPAS TV - Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) memberikan bantuan ribuan alat kebersihan dan perlengkapan sekolah kepada anak-anak dan siswa.

Pemberian bantuan dimulai pada Minggu ketiga bulan Juli hingga satu bulan ke depan di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. 

Pembagian paket alat perlengkapan kebersihan menstruasi bagi 4.059 anak-anak berusia 10 hingga 18 tahun.

Kemudian 4.406 paket perlengkapan sekolah untuk anak-anak yang didistribusikan ke-84 SD dan 28 SMP, 82 taman kanak-kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Baca Juga: Jokowi Bagikan Bantuan Modal Rp 2,4 Juta Untuk Pedagang Kecil

Pendistribusian alat kebersihan dan perlengkapan sekolah ini dilaksanakan di 79 desa dampingan Plan Indonesia di kecamatan Omesuri, Buyasuri Ile Ape, Ile Ape Timur dan Lebatukan.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung pemerintah dalam melakukan pencegahan pandemi wabah virus corona atau Covid-19.

Saat pendistribusian bantuan, Plan Indonesia dibantu oleh relawan Forum Penanggulangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten dan tingkat desa setempat, serta para relawan Plan Indonesia wilayah dampingan di Lembata.

“Pembagian perlengkapan manajemen kebersihan menstruasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi terkait menstruasi bagi anak dampingan dan agar mereka memanfaatkan paket perlengkapan untuk kebersihan diri secara baik dan benar saat menstruasi,” kata Erlina Dangu, Program Implementation Area Manager Plan Indonesia di melalui keterangannya Jumat (17/7/2020.

Erlina mengatakan, tujuan dari pembagian paket menstruasi dan perlengkapan sekolah bagi anak-anak agar mereka dan tenaga pendidik bisa terbantu dalam pelaksanaan proses belajar selama masa pandemik.

Distribusi ini merupakan kelanjutan program tanggap darurat Plan Indonesia saat pandemik Covid-19.

Baca Juga: Imbas Covid-19, Jokowi Mulai Berikan Bantuan Modal Kerja Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Sebelumnya, pada April hingga Juni 2020, Plan Indonesia telah memberikan bantuan kepada masyarak. Bantuan yang telah diberikan berupa ribuan paket kebersihan diri hingga fasilitas air bersih.

Lebih dari 400.000 anak dan orang dewasa telah menerima manfaat langsung dalam program tanggap darurat Plan Indonesia termasuk penyediaan air bersih dan alat kebersihan, kegiatan promosi kebersihan, perlindungan anak dan memastikan akses pendidikan untuk anak-anak di daerah terpencil.

Wilayah tanggap COVID-19 dari Plan Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nagekeo, Lembata, Belu, Malaka, Manggarai, Nusa Tenggara Barat di Lombok Barat, Lombok Utara dan Mataram, Sumbawa, DKI Jakarta di 18 kelurahan dan Jawa Tengah. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x