Kompas TV klik360 news vlog

Kasus Covid-19 Tembus 13,9 Juta di Dunia, Ini Kata Epidemiolog

Jumat, 17 Juli 2020 | 11:27 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Kasus Covid-19 belum menemukan titik terang hingga sampai saat ini. Penambahan kasus Covid-19 justru menunjukkan penambahan yang signifikan.

Dalam satu hari, penambahan kasus Covid-19 mencapai 230 ribu kasus baru di dunia. Sebelumnya, Direktur Jenderal WHO.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal WHO  Tedros Adhanom Ghebreyesus. Ia mengkritik tindakan pemerintah dan masyarakat tidak mencerminkan kesiapan menghadapi pandemi.

"Terlalu banyak negara [yang] menempuh arah yang salah dalam menangani corona".kata Tedros Adhanom

Baca Juga: Ratusan Pedagang di Pasar Kota Singkawang Jalani Rapid Test

Ahli Pandemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono berpendapat yang sama.

Menurutnya, dalam mengatasi pandemi, dibutuhkan peran besar kepemimpinan pemerintah.

Otoritas ini dibutuhkan untuk meyakinkan masyarakat dalam menerapkan protokol keseahatan.

“Yang bisa mengatasi pandemi itu adalah pemimpin yang mempunyai jiwa untuk mengatasi emergency. Dan dia mengambil alih semua, dan tidak mendelegasikan kepada siapa pun”, ujar Pandu saat diwawancara Kompas TV (17/7).

Baca Juga: Warga Luar Kota Wajib Rapid Test Saat Masuk Kota Surabaya

Saat ini, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Total kasus positif mencapai  lebih dari 81 ribu kasus dari 13,9 juta kasus di dunia. 

Terutama semenjak PSBB dilonggarkan, persebaran covid-19 di Indonesia tembus di angka seribu dalam sehari.

Hal ini terjadi karena masih banyak masyarakat yang tak sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Selain itu, pemerintah dinilai belum berhasil dalam menimbulkan kesadaran masyarakat.

Editor : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:15
MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO DUKUNG PENEGAKAN HUKUM BAGI PEMBUANG LIMBAH RADIOAKTIF ILEGAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SAMPAIKAN NADA POSITIF DAN OPTIMISTIS KEPADA MASYARAKAT DALAM HADAPI COVID-19   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19 AIRLANGGA HARTARTO SEBUT DAERAH ZONA MERAH DIDAHULUKAN DALAM VAKSINASI COVID-19   BUPATI BOGOR MINTA PENGUNJUNG PASAR DAN MAL TETAP TERAPKAN MEMAKAI MASKER, MENJAGA JARAK, DAN MENCUCI TANGAN   ANTISIPASI BANJIR, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN HARAP CAMAT DAN LURAH DI JAKARTA PUNYA ALAT UKUR HUJAN   BADAN NARKOTIKA NASIONAL TELUSURI DUGAAN KEBUN GANJA DI TASIKMALAYA   BNN ACEH MUSNAHKAN 3,5 HEKTAR LADANG GANJA DI KAKI GUNUNG SEULAWAH, ACEH BESAR   KEMENSOS: 10 JUTA PESERTA PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERIMA BANTUAN BERAS 45 KG PER KELUARGA   WAKIL MENTERI BUMN BUDI GUNADI SARANKAN PELAKU INDUSTRI JAGA ARUS KAS KEUANGAN HINGGA 2022   MENDAG DORONG USAHA KECIL MENENGAH JAJAKI PASAR EKSPOR KE BRASIL DAN ARGENTINA   WAKIL KETUA DPRD DKI M TAUFIK MINTA PEMPROV SEDIAKAN KANTONG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN   DUKUNG PERCEPATAN PENGEMBANGAN VAKSIN, KEMENRISTEK BERENCANA BANGUN PABRIK VAKSIN COVID-19 SKALA KECIL DI SERPONG   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT CERMAT DALAM MEMILAH DAN MEYIKAPI INFORMASI SOAL VAKSIN COVID-19   PANDEMI KORONA, SATGAS COVID-19: PENUNDAAN KOMPETISI SEPAK BOLA NASIONAL LIGA 1 DEMI KESELAMATAN MASYARAKAT