Kompas TV regional berita daerah

Ini Cara Melatih Burung Free Fly , Burung Bisa Pulang Setelah Terbang Bebas

Kompas.tv - 16 Juli 2020, 21:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok pecinta burung di Kabupaten Jember Jawa Timur mempunyai cara unik memanjakan burung kesayangannya, yakni melepas bebas burung ke udara.

Uniknya dengan latihan khusus, burung-burung tersebut akan kembali setelah mendengar panggilan pemiliknya.

Komunitas pecinta burung tersebut berbeda dengan komunitas burung berkicau, yang biasanya melatih burung piarannya berkicau dengan suara indah dan merdu.

Namun komunitas pecinta burung free fly tersebut justru melatih burung kesayangannya terbang bebas di udara lalu bisa kembali lagi ke pemiliknya.

Baca Juga: Aksi Pecinta Burung Lepaskan Burung Kesayangannya

Latihan khusus dimulai sejak burung usia anakan. Latihan dilakukan dengan menyuapi burung dengan makanan menggunakan alat khusus berupa suntikan.

Lalu ada peluit sebagai tanda panggil, yang akan dikenali burung sebagai petanda harus kembali pulang setelah terbang bebas.

Burung yang mereka miliki berjenis paruh bengkok, seperti love bird, burung nuri, burung makau dan burung layang layang.

Anggota komunitas burung free fly, Alfian Daud mengatakan ada beragam teknik latihan, salah satunya teknik boomerang, yakni pemilik melempar atau melepas burung, lalu burung tersebut dipanggil untuk pulang.  

Adapun waktu latihannya tergantung jenis burung dan posturnya. Untuk jenis burung love bird berukuran kecil membutuhkan waktu 2 bulan, baru bisa free fly.

Sedangkan untuk burung dengan postur lebih besar, membutuhkan waktu lebih lama, yakni tiga bulan.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Peluang Bisnis Burung Perkutut dan Tekukur Menjanjikan

Anggota Pecinta Burung Free Fly, Arif Sulton mengatakan untuk burung yang dapat kembali lagi setelah lepas bebas menjadi kebanggaan bagi pemiliknya.

Karena burung yang sudah memilik kemampuan free fly, harga jualnya naik dua kali lipat, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Selain untuk menyalurkan hobi, anggota komunitas juga aktif melakukan jual beli burung free fly, sehingga membantu pendapatan dan penghasilan mereka.

 

#FreeFly #PecintaBurung #KicauMania #LoveBird



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x