Kompas TV nasional sosial

Presiden Jokowi Lantik 750 Perwira TNI dan Polri

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 14:48 WIB
presiden-jokowi-lantik-750-perwira-tni-dan-polri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 750 perwira TNI-Polri di Istana Negara, Selasa (14/7/2020) pagi tadi. (Sumber: Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 750 perwira TNI-Polri di Istana Negara, Selasa (14/7/2020) pagi tadi.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden Jokowi terdiri atas 457 perwira dari TNI dan 293 perwira dari Polri. Namun karena di masa pandemi Covid-19, pelantikan dan pengambilan sumpah para perwira tersebut secara simbolis hanya diwakili empat orang dari matra TNI-Polri saja.

Yakni Yusuf Hanafi (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Yohana Bernadeta Winda Sekar Ayu Armanda (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Katolik, Maichel Triantonov (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Protestan, dan Luh Ayu Gitavira Sarasvati (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI-Polri.

Baca Juga: Dukungan Penuh Para Orangtua Prasetya Perwira TNI-Polri

Sebagian besar dari para perwira yang tidak mendapatkan pelantikan secara langsung mengikuti prosesi pelantikan melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian, sebagai bagian dari kepatuhan terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi.

Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 55 TNI Tahun 2020. Sementara itu, para perwira yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 56 Polri Tahun 2020.

Dalam acara pelantikan tersebut, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Angga Andhika Yudha (Akmil), Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahadika (Akpol). Keempat lulusan tersebut hadir secara langsung di Istana Negara.

Baca Juga: Terungkap! Alasan Jokowi Tunjuk Prabowo di Proyek Lumbung Pangan

Hadir dalam acara tersebut sejumlah undangan terbatas di antaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Selain itu, ikut hadiri KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Danjen Akademi TNI Letjen Bambang Suswantono, dan Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.