Kompas TV nasional update corona

Mahfud MD Ingatkan Salat Idul Adha dan Qurban Tetap dengan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 10:51 WIB
mahfud-md-ingatkan-salat-idul-adha-dan-qurban-tetap-dengan-protokol-kesehatan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.  (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Idul Adha segera tiba. Masyarakat diminta tetap memperhatikan protokol kesehatan selama melaksanakan salat Idul Adha dan kurban sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama nomor 18 tahun 2020.

"Silakan berhari raya dengan khusyuk sesuai dengan syariah kualitasnya. Shalat Ied dan kurban boleh dilakukan di tempat-tempat ibadah, baik di lapangan maupun di masjid, tetapi juga protokol kesehatan yang tentukan oleh negara supaya bisa dilakukan," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD usai gelar rapat terbatas virtual bersama empat Menko, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Polri, Kepala Staf Kepresidenan, dan beberapa kementerian lembaga terkait, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Penampakan Sapi Kurban Jokowi di Bantul: Jenis Simental, Berat Hampir 1 Ton, Harga Rp 90 Juta

Pada kesempatan tersebut, Mahfud MD juga menyampaikan pesan Presiden agar fokus pada perang melawan covid-19. Jangan sampai mengabaikan penanganan sektor keamanan, perhubungan dalam perayaan Idul Adha yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19. 

Mahfud menambahkan, salat Idul Adha boleh dilakukan di tempat ibadah, lapangan, maupun masjid.

"Sangat diharapkan di lingkungan terbatas, misalnya di komplek, di sekolah, di kampung dengan jumlah terbatas," ujar Mahfud MD.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menjelaskan, dalam rapat yang berlansung secara virtual tersebut, semua menteri teknis melaporkan kesiapannya dalam menyambut hari raya Idul Adha pada akhir bulan Juli ini. 

“Menteri Agama tadi sudah menyiapkan protokol peribadatan yang praktis dan aman, tanpa mengurangi ketentuan syar'i," jelasnya.

Kemudian, lanjut Mahfud, Menteri Perhubungan sudah menyiapkan transprotasi yang aman, Kapolri sudah menyiapkan berbagai program untuk pengamanan mengatasi berbagai tindak kriminal dan kejahatan terorisme misalnya.

"Menteri Perekonomian menyiapkan bahan bahan pokok yang diperlukan. Menteri pertanian juga melaporkan ketersediaan hewan kurban,” pungkas Mahfud MD.

Baca Juga: Menag Perbolehkan Sholat Idul Adha dan Sembelih Kurban, Ini Syaratnya

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x