Kompas TV nasional sosial

Imbas Covid-19, Jokowi Mulai Berikan Bantuan Modal Kerja Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 08:27 WIB
imbas-covid-19-jokowi-mulai-berikan-bantuan-modal-kerja-pelaku-usaha-mikro-dan-kecil
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai berikan bantuan modal kerja darurat yang pertama di Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/7/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk meringankan beban di sektor usaha terdampak, khususnya mikro dan kecil, pemerintah mulai memberikan bantuan modal kerja darurat.

Baca Juga: Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Lebih Mengutamakan Protokol Kesehatan

Bantuan modal kerja darurat yang pertama diberikan ini diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada 30 pedagang kecil yang hadir di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta, Senin, 13/7/2020).

Serah terima bantuan itu dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan mencegah kerumunan yang terlalu banyak.

Para penerima bantuan tersebut juga telah melalui proses pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki kompleks Istana Kepresidenan.

Oleh karena itu 30 penerima bantuan modal kerja gelombang pertama itu dibagi menjadi dua sesi.

"Saya tahu dengan kondisi pandemi Covid ini usaha Bapak, Ibu sekalian tidak seperti keadaan normal yang lalu. Ada yang omset-nya jatuh lebih dari 50 persen, ada yang keuntungannya biasanya 200 menjadi hanya 50. Saya tahu, saya tahu," ujar Presiden Jokowi sembari berbincang dengan puluhan pedagang kecil penerima bantuan.

Jokowi mengatakan, kondisi serupa ini tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan hampir di sebagian besar negara-negara juga mengalaminya.

"Kejadian pandemi Covid ini terjadi di 215 negara, kena semua. Kesehatannya kena, ekonominya juga kena. Yang kena itu tidak hanya yang kecil, yang kecil kena, yang sedang kena, usaha besar juga kena semuanya," tuturnya.

Jokowi meminta, agar kondisi ini tetap dihadapi dengan penuh semangat dan kerja keras. 

Bantuan modal kerja yang diberikan itu diharapkan dapat membuat usaha-usaha mikro dan kecil untuk kembali bergerak dan kemudian dapat berkembang.

"Saya tahu kondisi ini sangat berat, tetapi saya juga ingin Bapak/Ibu tetap bekerja keras dalam berusaha di bidang masing-masing. Tidak usah turun semangatnya, harus tambah semangatnya. Kondisi ini memang harus kita hadapi," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Rp 2.4 Juta untuk 12 Juta Pelaku UMKM

Pada kesempatan itu, Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja darurat sebesar Rp 2,4 juta untuk masing-masing penerima. 

Selanjutnya, bantuan serupa yang lebih banyak lagi akan diserahkan kepada pelaku usaha kecil untuk membantu perekonomiannya.

"Bantuan modal kerja ini memang isinya tidak banyak, Rp 2,4 juta. Tolong diterima, digunakan semuanya untuk tambahan modal kerja Bapak/Ibu semua. Ini kita mulai dan kita harapkan jutaan pedagang kecil yang akan kita berikan ini. Ini adalah yang pertama kali," kata Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.