Kompas TV kolom catatan jurnalis

Menafsir Rumor Pergantian Menteri Jokowi

Senin, 13 Juli 2020 | 15:37 WIB
menafsir-rumor-pergantian-menteri-jokowi
Para menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri yang diperkenalkan Presiden Joko Widodo ke masyarakat sebelum acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Oleh: Martian Damanik, Jurnalis Kompas Tv

Baru-baru ini rumor tentang reshuffle kabinet mengemuka. Menariknya, ini dipicu pernyataan Presiden Joko Widodo sendiri yang kesal dengan kinerja menterinya dalam menangani pandemi virus Corona.

Biasanya rumor tentang pergantian menteri “berhembus” di media-media mainstream atau media sosial, baik menggunakan sumber anonim atau berdasarkan analisa pengamat politik. Mengapa rumor pergantian menteri jadi perhatian media dan publik?  Ahli psikologi sosial Gordon Allport menyebut, rumor tumbuh subur disebabkan oleh tiga faktor.

Pertama, ada permasalahan serius, inilah yang membedakan rumor dengan gosip yang hanya fokus kepada kehidupan pribadi orang terkena.

Kedua, ambiguitas atau ketidakjelasan.

Ketiga, situasi itu menciptakan kondisi cemas (anxiety). Dalam konteks pernyataan Presiden Joko Widodo soal pergantian menteri, tampaknya pemerintah berusaha meredam faktor ambiguitas dan kecemasan, dengan memunculkan  Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang menyatakan sudah ada perbaikan kinerja menteri.

Profesor Komunikasi Politik dari American University of Paris Jayson Harsin melihat rumor sebagai strategi retorika tertentu dalam konteks media dan politik dalam masyarakat.

Penulis : Zaki Amrullah




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:11
BEK HANSAMU YAMA PRANATA PINDAH DARI PERSEBAYA KE BHAYANGKARA SOLO FC   BARCELONA AKAN MENNAMPUNG PENYERANG SERGIO AGUERO PADA MUSIM DEPAN SAAT KONTRAKNYA DENGAN MANCHESTER CITY HABIS   SELAIN BLOKIR PLATFORM MEDIA SOSIAL, MILITER MYANMAR PADAMKAN LISTRIK DI HAMPIR SEBAGIAN BESAR WILAYAH MYANMAR   ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA MINTA PEMDA TURUT ANDIL JAGA IKLIM INFRASTRUKTUR TOL   BPPTKG: SAAT INI KUBAH KAWAH GUNUNG MERAPI MEMILIKI KETINGGIAN 45 METER   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SAMBUT BAIK RENCANA PROYEK LRT DAN MRT DI BANDUNG   POLISI TETAPKAN 9 TERSANGKA KASUS PERUSAKAN KANTOR DAN KEDIAMAN BUPATI ASMAT, PAPUA   SEBANYAK 45 USTAZ DAN SANTRI PONDOK PENSANTREN DI KAPANEWON PIYUNGAN, BANTUL, DIY, POSITIF COVID-19   SATRESKRIM POLRES ROKAN HULU, RIAU, TANGKAP 4 PELAKU PERAMPOKAN YANG MENGGUNAKAN SENJATA API   MENDAG INGIN PERKUAT PASAR INDUSTRI HALAL DAN FESYEN MUSLIM DI INDONESIA PADA TAHUN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.705 ORANG: 2.826 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 5 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.047.351 SPESIMEN   HINGGA 5 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 66.546 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH PER 5 MARET 2021 BERTAMBAH 6.331 ORANG, TOTAL 1.182.687 ORANG