Kompas TV kolom catatan jurnalis

Menafsir Rumor Pergantian Menteri Jokowi

Senin, 13 Juli 2020 | 15:37 WIB
menafsir-rumor-pergantian-menteri-jokowi
Para menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat setingkat menteri yang diperkenalkan Presiden Joko Widodo ke masyarakat sebelum acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Oleh: Martian Damanik, Jurnalis Kompas Tv

Baru-baru ini rumor tentang reshuffle kabinet mengemuka. Menariknya, ini dipicu pernyataan Presiden Joko Widodo sendiri yang kesal dengan kinerja menterinya dalam menangani pandemi virus Corona.

Biasanya rumor tentang pergantian menteri “berhembus” di media-media mainstream atau media sosial, baik menggunakan sumber anonim atau berdasarkan analisa pengamat politik. Mengapa rumor pergantian menteri jadi perhatian media dan publik?  Ahli psikologi sosial Gordon Allport menyebut, rumor tumbuh subur disebabkan oleh tiga faktor.

Pertama, ada permasalahan serius, inilah yang membedakan rumor dengan gosip yang hanya fokus kepada kehidupan pribadi orang terkena.

Kedua, ambiguitas atau ketidakjelasan.

Ketiga, situasi itu menciptakan kondisi cemas (anxiety). Dalam konteks pernyataan Presiden Joko Widodo soal pergantian menteri, tampaknya pemerintah berusaha meredam faktor ambiguitas dan kecemasan, dengan memunculkan  Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang menyatakan sudah ada perbaikan kinerja menteri.

Profesor Komunikasi Politik dari American University of Paris Jayson Harsin melihat rumor sebagai strategi retorika tertentu dalam konteks media dan politik dalam masyarakat.

Editor : Zaki Amrullah

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:10
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 5.197.749 POSITIF, 1.755.225 SEMBUH, 166.038 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   RSKI PULAU GALANG, BATAM, KEPULAUAN RIAU, TANGANI 52 PASIEN POSITIF KORONA HINGGA 13 AGUSTUS 2020   HINGGA 13 AGUSTUS 2020, RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN TANGANI 1.235 PASIEN POSITF KORONA   DISDIK: SELURUH SEKOLAH AKAN GELAR BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA SETELAH KOTA BEKASI MASUK STATUS ZONA KUNING   MENDAGRI IMBAU MASYARAKAT TAK GELAR LOMBA PANJAT PINANG SAAT PERAYAAN HUT KE-75 RI KARENA BERPOTENSI TULARKAN KORONA   PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU WARGA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH DAN UMBUL-UMBUL HINGGA 31 AGUSTUS 2020   KEMENKES BANTAH RS RUJUKAN KORONA DI DKI JAKARTA SUDAH PENUH   KEMENKES: PASIEN KORONA YANG TELAH SEMBUH BOLEH PULANG DARI RS TANPA HARUS 2 KALI TES NEGATIF   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MENDAPAT BINTANG JASA UTAMA DARI PRESIDEN JOKOWI   KPK SITA LAHAN KELAPA SAWIT DI PADANG LAWAS, SUMUT, TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI   MANTAN BENDAHARA UMUM PARTAI DEMOKRAT MUHAMMAD NAZARUDDIN RESMI BEBAS MURNI HARI INI