Kompas TV nasional sosial

Dikritik Soal Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh, Nadiem Bilang Tak Ada Opsi Lain

Kompas.tv - 12 Juli 2020, 21:00 WIB
dikritik-soal-efektivitas-pembelajaran-jarak-jauh-nadiem-bilang-tak-ada-opsi-lain
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam video hari guru menyampaikan pesan untuk guru se-Indonesia (Sumber: kemendikbud-kompas.tv)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengakui soal kritik dari banyak pihak terkait efektivitas pembelajaran jarak jauh. Menurutnya saat ini tidak ada opsi lain yang bisa dilakukan.

"Itu saya 100 persen setuju dengan semua kritikan itu. Tetapi kita tidak punya opsi yang lain pada saat ini," kata Nadiem dalam keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Menurutnya, pada akhirnya pihak sekolah harus mencari jalan masing-masing untuk mengelola aktivitas belajar mengajarnya. "Karena tidak ada satu platform yang cocok untuk satu sekolah,” terangnya.

Namun dari evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pembelajaran jarak jauh, peran orang tua yang ikut berpartisipasi dalam sistem pembelajaran jarak jauh ternyata lebih efektif.

Baca Juga: Masih Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Luncurkan Portal Pembelajaran Jarak Jauh

Nadiem mengapresiasi kinerja dan dedikasi guru-guru yang berinisiatif mencari jalan agar para siswanya tetap mendapatkan pengajaran meski dalam kondisi darurat. Apalagi para siswa yang tidak menjangkau atau mengakses teknologi untuk pembelajaran jarak jauh.

"Kami ada cerita hebat di lapangan, di mana guru-guru ini berkunjung satu per satu ke rumah siswa. Ini merupakan hal yang yang luar biasa, dan ini terjadi di berbagai daerah,” ungkap Mendikbud.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x