Kompas TV nasional kesehatan

Klaster Baru Secapa TNI AD Bandung, 1.262 Orang Terpapar Covid-19

Kompas.tv - 9 Juli 2020, 19:11 WIB
klaster-baru-secapa-tni-ad-bandung-1-262-orang-terpapar-covid-19
Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto (Sumber: Biro Humas BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa TNI AD) Bandung menjadi klaster baru Covid-19. Dari klaster baru ini terdapat 1.262 orang yang positif terpapar Covid-19.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, hasil penyelidikan epidemiologi terkait klaster Secapa TNI AD sudah selesai dilakukan sejak 29 Juni lalu.

"Kita dapatkan keseluruhan yang positif dari klaster ini sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih di sana," kata Yurianto dalam konferensi pers update terkini kasus Covid-19 di Grha BNPB, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: 200 Siswa Calon Perwira Angkatan Darat Positif Covid-19, Jadi Klaster Baru Sebaran Corona

Dari 1.262 yang diidentifikasi positif, hanya ada 17 orang yang saat ini dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Dustira, Cimahi. Mereka melaporkan kondisi kesehatan yang tidak baik, seperti demam, dan gangguan di pernapasannya.

Sisanya, 1.245 orang tidak melaporkan adanya keluhan apa pun. Sehingga mereka dikarantina secara karantina mandiri di wilayah pendidikan Secapa TNI AD, Bandung.

"Seluruh kompleks kita lakukan isolasi, karantina, dan kita larang ada pergerakan orang masuk atau keluar kompleks," ujar Yurianto.

Baca Juga: Penderita Covid-19 Bertambah 2.657, Total 70.736 Terpapar

Pengawasan dilakukan dengan ketat oleh unsur kesehatan Kodam III Siliwangi. Oleh karena itu, Yurianto meminta masyarakat di sekitar tidak perlu panik dan harus tenang, karena klaster Secapa TNI AD ditangani secara profesional dan dengan standar internasional.

"Kita melakukan karantina wilayah, dan kita menjamin sepenuhnya evaluasi terhadap peserta karantina dijalankan secara maksimal," ujarnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x