Kompas TV video cerita indonesia

Hebat! Membuat Sepeda Berbahan Limbah Kayu

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 14:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KLATEN, KOMPASTV - Di tengah-tengah booming sepeda sport, warga Klaten, Jawa Tengah justru membuat sepeda dari limbah kayu. Sudah ada enam buah sepeda dan satu sepeda motor yang dibuat, namun belum ada satupun yang dijual.

Inilah sepeda kayu buatan Sarijo, warga Brajan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Kesehariannya, Sarijo ikut orang bekerja sebagai tukang kayu.

Di sela-sela kesibukannya, pria yang mengaku belajar membuat sepeda secara otodidak ini, memanfaatkan limbah kayu atas seijin juragannya, Tularno.

Namanya juga limbah, sehingga sepeda kayu yang ia buat, bahannya berbagai jenis kayu. Ada kayu waru, nangka, mahoni, kayu jati, dan lain-lain.

Di tangan dingin Sarijo, limbah-limbah kayu itu menjelma menjadi sepeda berbagai ukuran, dan berbagai model. Roda sepeda paling besar berdiameter 122 centimeter untuk roda depan, dan 30 centimeter untuk roda belakang.

Setiap minggu, Sarijo dan kawan-kawannya selalu naik sepeda berkeliling. Keberadaan mereka selalu menjadi perhatian umum. Bila diparkir, sepeda kayu itu menjadi tempat untuk berselfie.

Sampai saat ini sudah ada beberapa orang yang menawar sepedanya, namun belum dilepas karena harganya belum cocok. Meskipun begitu, Sarijo mengaku akan terus berkreatifitas membuat sepeda kayu. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x