Kompas TV kolom catatan jurnalis

Jerman Kalahkan Corona Berkat Beckenbauer?

Kompas.tv - 2 Juli 2020, 15:56 WIB
jerman-kalahkan-corona-berkat-beckenbauer
Pemain Jerman, Matthias Ginter, berselebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Jerman vs Belarusia di Moenchengladbach pada 16 November 2019. (Sumber: INA FASSBENDER/AFP)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Martian Damanik

KOMPAS.TV - Deutschland über alles atau dalam bahasa Indonesia berarti Jerman di atas segalanya. Ungkapan bagi sebagian orang yang menandakan Jerman sebagai bangsa yang sombong atau pongah.

Bisa pula sebagai pernyataan yang bisa mengingatkan akan Perang Dunia II saat Jerman di bawah kekuasaan Adolf Hitler ingin menguasai benua Eropa dan dunia. Toh, akhirnya Jerman kalah dan menyerah kepada tentara sekutu.

Baca Juga: Rekor Jurgen Klopp, Pelatih Pertama Asal Jerman Raih Gelar Liga Inggris

Ungkapan Deutschland über alles juga didengungkan oleh pendukung tim nasional sepakbola Jerman. Kalau ini, bolehlah.

Di ajang Piala Dunia, Jerman cuma kalah dari Brasil dalam mengoleksi gelar. Bersama Italia, Jerman merupakan negara Eropa yang paling banyak meraih juara piala dunia, sebanyak empat kali.

Nah, untuk urusan Piala Eropa, Jerman adalah rajanya, yakni sebanyak tiga kali, paling banyak dibanding negara Eropa Lainnya. 

Prestasi timnas sepakbola perempuan Jerman pun tak kalah mengkilap, delapan kali jura Eropa, dan dua kali juara dunia.

Keberhasilan sepakbola Jerman tak lepas dari dukungan rakyatnya dan kompetisi Bundesliga. Orang boleh membahas kehebatan Salah di Liga Inggris, gocekan Ronaldo di serie A atau aksi Messi di La liga.

Yang jelas, Liga Jerman atau Bundesliga adalah liga sepakbola yang paling banyak ditonton di dunia. Penulis Thomas Winkler berdasarkan data hingga Juni 2018 menyebut, Bundesliga rata-rata ditonton 44.657 orang, tertinggi di dunia.

Tak heran bila di tengah pandemi virus Covid-19 ini, Jerman ingin membangkitkan semangat rakyatnya lewat sepakbola. Di saat Belanda dan Perancis menghentikan liganya, Jerman justru mengumumkan Bundesliga bergulir kembali.

Padahal, jumlah kasus Corona di Jerman bukan main-main. Tercatat lebih dari 196.000 kasus positif dan kematian 9.061, sementara angka kesembuhan 180.000 (data hingga Rabu, 1 Juli 2020).

Baca Juga: Akibat Wabah Corona, Turnamen Bulutangkis Jerman Terbuka Ikut Dibatalkan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x