Kompas TV travel jelajah dunia

Pesona Danau Inle di Myanmar: Atraksi Unik Nelayan Hingga Rumah Terapung

Kompas.tv - 2 Juli 2020, 14:32 WIB
pesona-danau-inle-di-myanmar-atraksi-unik-nelayan-hingga-rumah-terapung
Pemandangan Danau Inle Dikelilingi Pegunungan (Sumber: Dini Kurniasari)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Dini Kurniasari

KOMPAS.TV - Selain Yangon dan Bagan, Inle merupakan salah satu kota yang menjadi daya tarik para turis untuk berwisata di Myanmar.

Butuh waktu sekitar 10 jam dari Kota Yangon untuk tiba di Kota Inle menggunakan bus, karena tidak adanya akses penerbangan ke kota ini.

Biasanya, untuk memperkecil pengeluaran dan memanfaatkan waktu, tidak sedikit wisatawan akan memilih keberangkatan pada sore hari dari Kota Yangon.

Baca Juga: Leher Panjang, Rahasia Cantik Wanita Suku Kayan di Myanmar

Alhasil, mereka dapat sekaligus menjadikan bus sebagai "hotel berjalan" untuk sekadar menumpang tidur ketika malam datang. Kemudian, wisatawan dapat tiba di Kota Inle pada waktu subuh hari berikutnya. 

Melancong ke Myanmar, warga negara Indonesia dan warga negara di kawasan Asia Tenggara lainnya memang tak perlu membayar visa kunjungan.

Namun, untuk masuk ke kota lain selain Yangon, WNA (termasuk WNI) diwajibkan membayar tiket masuk seharga kurang lebih 18000 Kyats atau sekitar Rp180.000,00.

Tiket ini biasanya akan ditagih ketika wisatawan tiba di kota tujuan sebelum turun dari bus. 

Bila tiba pada waktu subuh, udara dingin pegunungan Kota Inle yang membuat gigi geligi bergemelatuk akan menyambut kedatangan wisatawan, setelah melalui perjalanan dengan bus dari Kota Yangon.

Mengenal Kota Inle

Inle merupakan kota yang diapit dengan pegunungan, sehingga udara di kota ini jauh lebih dingin dibandingkan Kota Yangon atau pun Bagan.

Terletak di Nyaungshwe Township, distrik Taunggyi, Provinsi Shan dan merupakan wilayah Shan Hills, Kota Inle atau Inlay menawarkan wisata melalui jalur air dengan menelusuri danau yang juga bernama Inle, sama dengan nama kotanya.

Danau ini merupakan danau terbesar kedua di Myanmar dengan luas mencapai 116,3 kilometer persegi. 

Danau Inle sepintas sama dengan Sungai Kapuas di Kalimantan. Sebenarnya bisa dibilang, Danau Inle juga lebih menyerupai sungai alih-alih danau, karena luasnya yang lebih sama dengan sungai.

Baca Juga: Melihat Megahnya Pagoda Shwedagon, Tempat Wisata Wajib di Myanmar

Karakter perairannya sendiri sangat tenang sehingga aman untuk ditelusuri. 

Dengan menyewa sampan atau perahu motor berkapasitas empat penumpang ditambah tour guide, Danau Inle sudah siap untuk dijelajah.

Wisatawan hanya tinggal duduk manis di atas sampan dan menyerahkan tujuan perjalanan pada tour guide, termasuk tempat-tempat mana saja yang akan disinggahi.

Atraksi Nelayan Suku Intha (Sumber: Dini Kurniasari)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x