Kompas TV regional berita daerah

Patut Dicontoh! Warga di Banjarmasin Inisiatif Sediakan Rumah Karantina Hingga Lumbung Pangan

Kompas.tv - 22 Juni 2020, 16:32 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Lantaran tak ingin melihat ada warga ataupun keluarganya yang dikucilkan akibat dugaan terpapar virus korona, warga RT 48 di Jalan Batu Benawa Banjarmasin berinisiatif menyediakan rumah karantina.

 

Rumah ini sejatinya milik salah satu warga yang sementara waktu digunakan dengan beragam fasilitas yang disediakan. Mulai dari satu kamar tidur hingga dapur beserta alat masaknya.

 

Di samping menyediakan rumah karantina, warga juga menyediakan lumbung pangan yang berfungsi untuk menampung bantuan sembako kepada mereka yang di karantina.

 

Tindakan positif ini tentunya dapat menjadi contoh bagi lingkungan lain bahwa mereka yang terpapar bukan dijauhi, melainkan dibantu.

 

"Ini memang inisiatif dari para warga agar kedepannya jika ada temuan positif di lingkungan kita. Makanya kita sediakan terlebih dahulu rumah karantina ini agar mereka yang terpapar tidak dikucilkan. Kita pun juga menyediakan lumbung pangan di sekitar rumah karantina jika ada warga yang ingin membantu menyalurkan bantuan bagi orang yang diduga terinfeksi," ujar Ketua RT 48, Nahwani Shafwan kepada jurnalis kompas.tv.

 

Dalam hal Pencegahan, warga di jalan batu benawa ini patut diacungi jempol, karena solidaritasnya kawasan ini dinobatkan sebagai kampung tangguh oleh pemerintah.

 

Protokol kesehatan pun dijalankan dengan penjagaan ketat di pintu gerbang. Bagi warga yang hendak memasuki kampung diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x