Kompas TV video cerita indonesia

Hebat!! Mahasiswa Unesa Ciptakan Robot Asisten Dokter Untuk Corona

Kompas.tv - 20 Juni 2020, 11:13 WIB
Penulis : Abdur Rahim

SURABAYA, KOMPASTV – Pekerjaan dokter sebagai benteng terakhir dalam menanggulangi persebaran virus Covid-19 di Indonesia bukanlah pekerjaan yang mudah.

Sudah banyak dokter yang turut jadi korban dari virus Covid-19 ini. Berdasarkan kejadian tersebut, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya menciptakan sebuah inovasi teknologi terkini untuk menanggulangi persebaran virus corona.

Mereka menciptakan sebuah robot asisten dokter. Robot-robot ini dapat menggantikan tugas seorang dokter dalam melayani pasien Covid-19.

Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Nur Hasan mengatakan, robot ini memiliki berbagai kemampuan yang dapat menggantikan beberapa tugas dokter dan pasien.

“Generasi pertama kemampuannya mobilisasi, kemudian ada monitor ada TV yang kita siapkan, kemudian dia juga mampu menanggulangi virus dengan UV yang kita miliki. Dia juga memiliki kemampuan menarik tempat tidurnya pasien. Bahkan juga bisa dinaiki oleh perawat atau tim medis” ujar Nur Hasan saat diwawancarai wartawan (20/6/2020).

Baca Juga: Kapal Motor Terbalik di Perairan Selat Sunda, 10 Orang Hilang

Rencananya, ada dua generasi robot yang akan dikembangkan. Generasi pertama ini memiliki kemampuan utama untuk mobilisasi.

Sementara itu, untuk robot generasi kedua masih dalam tahap pengembangan.

Ditargetkan, pada robot generasi kedua juga bisa memberikan kemampuan lebih, seperti memberikan terapi musik kepada pasien dan pengecekan suhu pasien, sehingga dokter tak lagi harus memeriksa suhu pasien setiap saat. .



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x