Kompas TV di balik layar pekerja tv

Inilah di Balik Layar Kerja Floor Director KompasTV

Sabtu, 20 Juni 2020 | 15:01 WIB

KOMPAS.TV - Backstage adalah sebuah program yang membahas mengenai kegiatan para pekerja di dunia broadcasting dari balik layar. 

Episode perdana kali ini, Backstage bakalan membeberkan bagaimana pekerjaan Floor Director KompasTV

Di KompasTV sendiri, Floor Director terdiri dari Lead Floor Director, Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage. Masing-masing di antaranya tentu memiliki rincian pekerjaan yang berbeda-beda.

Floor Director Lead adalah pemimpin atau 'jenderal'-nya di lapangan/studio. FD Lead bertugas mengkoordinasikan semua tim yang bertugas, termasuk Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage.

Pastinya, FD Lead wajib memiliki time management yang baik. Mereka harus memberikan cue kapan masuk dan keluarnya host maupun talent secara jelas. Bukan hanya host dan talent, tapi juga memberikan aba-aba kepada penonton kapan mereka harus tepuk tangan dan sebagainya. 

Tugas utama Audience Warmer adalah mengatur penonton, dari masuk studio, mengikuti aba-aba dari FD Lead, dan memberikan informasi mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Sesuai namanya, Audience Warmer harus dapat menghangatkan dan mencairkan suasana sehingga mood penonton tetap semangat dan senang.

Traffic Floor Director bertanggung jawab untuk menginformasikan kapan talent yang akan perform pada acara harus masuk dan keluar serta memastikan talent berada di lokasi yang tepat sesuai tanda blocking-an.

Terakhir, Backstage sendiri bertanggung jawab menyiapkan talent di belakang panggung sehingga acara berjalan dengan baik.

Selengkapnya mengenai seluk-beluk pekerjaan Floor Director bisa langsung nonton video ini!

#FloorDirector #Broadcasting #Backstage

Editor : Desy Hartini



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:33
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 5.197.749 POSITIF, 1.755.225 SEMBUH, 166.038 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   RSKI PULAU GALANG, BATAM, KEPULAUAN RIAU, TANGANI 52 PASIEN POSITIF KORONA HINGGA 13 AGUSTUS 2020   HINGGA 13 AGUSTUS 2020, RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN TANGANI 1.235 PASIEN POSITF KORONA   DISDIK: SELURUH SEKOLAH AKAN GELAR BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA SETELAH KOTA BEKASI MASUK STATUS ZONA KUNING   MENDAGRI IMBAU MASYARAKAT TAK GELAR LOMBA PANJAT PINANG SAAT PERAYAAN HUT KE-75 RI KARENA BERPOTENSI TULARKAN KORONA   PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU WARGA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH DAN UMBUL-UMBUL HINGGA 31 AGUSTUS 2020   KEMENKES BANTAH RS RUJUKAN KORONA DI DKI JAKARTA SUDAH PENUH   KEMENKES: PASIEN KORONA YANG TELAH SEMBUH BOLEH PULANG DARI RS TANPA HARUS 2 KALI TES NEGATIF   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MENDAPAT BINTANG JASA UTAMA DARI PRESIDEN JOKOWI   KPK SITA LAHAN KELAPA SAWIT DI PADANG LAWAS, SUMUT, TERKAIT KASUS DUGAAN SUAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI   MANTAN BENDAHARA UMUM PARTAI DEMOKRAT MUHAMMAD NAZARUDDIN RESMI BEBAS MURNI HARI INI