Kompas TV di balik layar pekerja tv

Inilah di Balik Layar Kerja Floor Director KompasTV

Sabtu, 20 Juni 2020 | 15:01 WIB

KOMPAS.TV - Backstage adalah sebuah program yang membahas mengenai kegiatan para pekerja di dunia broadcasting dari balik layar. 

Episode perdana kali ini, Backstage bakalan membeberkan bagaimana pekerjaan Floor Director KompasTV

Di KompasTV sendiri, Floor Director terdiri dari Lead Floor Director, Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage. Masing-masing di antaranya tentu memiliki rincian pekerjaan yang berbeda-beda.

Floor Director Lead adalah pemimpin atau 'jenderal'-nya di lapangan/studio. FD Lead bertugas mengkoordinasikan semua tim yang bertugas, termasuk Audience Warmer, Traffic Floor Director, dan Backstage.

Pastinya, FD Lead wajib memiliki time management yang baik. Mereka harus memberikan cue kapan masuk dan keluarnya host maupun talent secara jelas. Bukan hanya host dan talent, tapi juga memberikan aba-aba kepada penonton kapan mereka harus tepuk tangan dan sebagainya. 

Tugas utama Audience Warmer adalah mengatur penonton, dari masuk studio, mengikuti aba-aba dari FD Lead, dan memberikan informasi mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Sesuai namanya, Audience Warmer harus dapat menghangatkan dan mencairkan suasana sehingga mood penonton tetap semangat dan senang.

Traffic Floor Director bertanggung jawab untuk menginformasikan kapan talent yang akan perform pada acara harus masuk dan keluar serta memastikan talent berada di lokasi yang tepat sesuai tanda blocking-an.

Terakhir, Backstage sendiri bertanggung jawab menyiapkan talent di belakang panggung sehingga acara berjalan dengan baik.

Selengkapnya mengenai seluk-beluk pekerjaan Floor Director bisa langsung nonton video ini!

#FloorDirector #Broadcasting #Backstage

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:34
PT GARUDA INDONESIA AKHIRI KONTRAK 700 KARYAWAN AKIBAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   10 PEGAWAI RSUD BATARA GURU BELOPA, KABUPATEN LUWU, SULSEL, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KOMNAS PEREMPUAN MINTA BAWASLU TANGSEL TINDAK TEGAS PASLON YANG LECEHKAN RAHAYU SARASWATI DJOJOHADIKUSUMO   PETUGAS LAPAS KELAS B KUALA TUNGKAL, JAMBI, GAGALKAN PENYELUNDUPAN SABU DI DALAM PEMPEK KAPAL SELAM   RIBUAN WARGA BANGLADESH BERUNJUK RASA DI DHAKA SERUKAN BOIKOT PRODUK PERANCIS DAN ANTI-PERANCIS   POLDA JABAR KERAHKAN 14.000 POLISI UNTUK MENJAGA LIBUR CUTI BERSAMA AKHIR OKTOBER 2020   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT IZIN PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 SINOVAC TETAP DARI BPOM   TERPIDANA BENNY TJOKRO AJUKAN BANDING KASUS JIWASRAYA YANG MEMUTUS HUKUMAN SEUMUR HIDUP UNTUK DIRINYA   POLDA METRO JAYA KERAHKAN 2.999 PERSONEL DI PUSAT PERBELANJAAN, TEMPAT WISATA, & TITIK KERAMAIAN SAAT LIBUR PANJANG   MENAKER MENILAI UNJUK RASA YANG DILAKUKAN DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19 TIDAK BIJAK   POLRES BANDARA SOEKARNO-HATTA TETAPKAN 3 TERSANGKA DALAM KASUS KEPEMILIKAN SENJATA API   JUBIR PONPES HUSNUL KHOTIMAH DI KUNINGAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN 388 ORANG TELAH SEMBUH DARI COVID-19   KEMLU TELAH MEMANGGIL DUBES PERANCIS UNTUK INDONESIA, OLIVIER CHAMBARD, SOAL PERNYATAAN PRESIDEN EMMANUEL MACRON   MENLU RETNO MARSUDI: INDONESIA KECAM PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON YANG MENGHINA AGAMA ISLAM