Kompas TV regional berita daerah

Penambang Tewas Terapung di Danau Kawah Ijen

Kompas.tv - 24 April 2024, 13:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Penambang belerang yang hilang terbawa gelombang Danau Kawah Gunung Ijen akhirnya ditemukan pada Sabtu (30/05).

Korban ditemukan terapung di permukaan danau kawah dengan kondisi sudah tak bernyawa lagi. Korban adalah Andika, usia 61 tahun, warga Desa Blambangan, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Proses evakuasi jasad korban sempat direkam oleh tim SAR. Dalam rekeman video terlihat jasad korban dievakuasi menggunakan kendaraan troli pengangkut belerang dari atas gunung hingga ke Pos Bunder.

Korban pertama kali ditemukan oleh teman korban, yang sekaligus penambang dan pengawas sulfur, yakni Arifin. Arifin saat itu melihat tubuh korban terapung di tengah danau Kawah Ijen atau 150 meter dari lokasi awal korban hilang.

Arifin kemudian langsung berenang menuju jasad korban dan menolongnya menggunakan tali. Jasad korban diikat tali lalu ditarik ke pinggir danau.

Korban merupakan penambang belerang yang bekerja di PT Candi Rimbi Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Sebelumnya, ia dilaporkan hilang setelah ditelan gelombang danau Kawah Gunung Ijen, setinggi 3 meter pada Jumat kemarin (29/05).

Fenomena gelombang buble, yang mirip dengan tsunami, terjadi setelah adanya dentuman keras dari dasar Kawah Gunung Ijen.

#GunungIjen #PenambangBelerang #Banyuwangi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x