Kompas TV regional berita daerah

Satu keluarga Miskin di Minahasa Utara Belum Tersentuh Bantuan

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 15:45 WIB
Penulis : KompasTV Manado

Minahasa Utara, Kompas.tv - Salah satu keluarga miskin di Desa Kampung Ambon, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, belum pernah meninkmati bantuan dari pemerintah. Padahal kondisi ekonomi keluarga tersebut sangat memptihatinkan. mereka hanya tinggal di gubuk kecil yang dinilai tak layak huni.

Gubuk kecil di ujung Desa Kampung Ambon Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, menjadi tempat tinggal keluarga, Madiro Kahimpong, yang merupakan salah satu keluarga kurang mampu di daerah tersebut. Di tengah kondisi ekonomi yang sulit akibat dampak COVID-19, keluarga ini tetap bertahan hidup dengan berbagai keterbatasan . Pekerjaan kepala keluarga sebagai tukang panjat kelapa, belum  mampu  memenuhi kebutuhan keluarga.

Bantuan dari pemerintah daerah,  maupun pemerintah pusat untuk warga miskin yang selama ini disalurkan,  tidak bisa di nikmati keluarga ini. Pasalnya hingga kini,  keluarga Madiro-Kahimpong tidak tercatat sebagai penerima bantuan.

NOSTER MADIRO  mengatakan, belum menerima bantuan apapun dari pemerintah, padahal banyak tetangganya yang telah menerima bantuan. Menurutnya bantuan yang diterima hanya berasal dari seorang orang lain yang memiliki kelebihan. Dirinya berharap mendapat perhatian dari pemerintah,

Pemerintah Desa Kampung Ambon, saat di komfirmasi tidak berada di tempat,  namun saat di hubungi melalui telepon genggam membenarkan,  jika keluarga Madiro-Kahimpong, tidak tercatat sebagai penerima bantuan.  pasutri yang hanya tinggal di gubuk tua ini belum memiliki ktp dan kartu keluarga.  

Di masa pandemi Covid-19, pemerintah mengucurkan sejumlah bantuan untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemic. Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial meluncurkan progam Bantuan Sosial Tunai sebesar 600 rupiah kepada keluarga kurang mampu, Kementerian Pemberdayaan Masyarakat Desa meluncurkan Bantuan langsung tunai dengan mengalihkan Anggaran Dana Desa disalurkan kepada masyarakat, sementara pemerintah Kabupaten Kota melalui dana APBD menyalurkan bantuan sosial berupa Sembako kepada warga terdampak COVID-19.

Pemberian bantuan-bantuan tersebut kepada keluarga sasaran berdasarkan data valid dari pemerintah daerah setempat. Warga yang terdata memiliki data kependudukan lengkap seperti kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.

#kompastvmanado #keluargamiskin #minahasautara

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x