Kompas TV religi beranda islami

Hidup Disiplin Adalah Hidup Yang Islami Karena Jadi Bagian Dari Ibadah

Kompas.tv - 12 Mei 2020, 16:58 WIB
Penulis : Herwanto

Hidup Disiplin sebenarnya hidup yang islami. Kedekatan konteks kedisiplinan dengan masyarakat khususnya masyarakat di kota-kota besar seperti di ibukota. Kedisiplinan merupakan ibadah, maka kedisiplinan mencerminkan kehidupan yang sesuai dengan ajaran nabi.

Hablum minallah dan hablum minanas. Hablum minallah berarti suatu perbuatan yang semata-mata berhubungan dengan peribadatan kepada Allah, berupa salat, puasa dan haji.

Sedangkan hablum minanas adalah suatu perbuatan yang terkait dengan sesama manusia, misalnya aturan kesopanan berpakaian, bertingkah laku, hidup bertetangga, sampai pada aturan bernegara dan bermasyarakat secara umum.

Kedisiplinan termasuk dalam hablum minanas, baik itu disiplin berpakaian, disiplin mentaati peraturan hingga disiplin dalam berlalu lintas. di Indonesia terutama di ibukota, kedisiplinan sering menjadi permasalahan yang utama di ibukota. Keadaan lalu lintas menjadi penting dalam manajemen waktu. sedikit terbuang, banyak kerugian yang kita alami.

“Demi masa, sesungguhnya manusia itu dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasehati supaya mentaati kebenaran, supaya mentaati kesabaran.” (QS. Al-Ashr).

Peraturan lalu lintas dibuat pemerintah untuk melindungi pengguna jalan. Disiplin berlalu lintas merupakan bentuk kedisiplinan dalam mentaati peraturan pemerintah. Kita sebagai warga dari sebuah negara wajib mentaati  peraturan pemimpinnya, atau yang dikenal di Islam dengan sebutan Ulil Amri.

“Hai orang-orang beriman taatlah kamu kepada Allah, dan taatlah kepada Rasulnya dan kepada Ulil Amri dari kalangan kamu.” (QS An Nisa:59)

Setiap orang memanfaatkan waktunya dengan beragam aktivitas. Baik itu belajar, bekerja, berolahraga, dan lainnya. Bekerja merupakan ibadah utk mencari nafkah.

“Maka apabila telah dilaksanakan salat, bertebaranlah kalian di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS. Al Jumuah:10).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x