Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Antisipasi BNPB Terkait Gelombang Kepulangan Pekerja Migran ke Tanah Air

Kompas.tv - 12 Mei 2020, 14:08 WIB
ini-antisipasi-bnpb-terkait-gelombang-kepulangan-pekerja-migran-ke-tanah-air
Ilustrasi pekerja migran Indonesia yang pulang ke Tanah Air melalui pelabuhan Batam. (Sumber: KOMPAS.COM/HADI MAULANA)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan kebijakan antisipasi terkait kedatangan pekerja migran Indonesia dan para pelajar WNI dari luar negeri.

Sekretaris Utama BNPB Harmensyah menjelaskan telah mengirimkan sejumlah mobil laboratorium di pelabuhan dan Bandara untuk mempercepat tes kesehatan terhadap pekerja migran dan WNI dari luar negeri.

Dalam catatan BNPB, ada 801 WNI yang sudah kembali ke Tanah Air, dan ada 13.943 ABK yang. Menurut Harmensyah dalam beberapa hari kedepan akan ada 448 WNI dan  9627 ABK yang kembali ke Tanah Air. 

Baca Juga: 34.000 Pekerja Migran dan ABK Pulang ke Indonesia, Jokowi: Protokol Kesehatan Harus Ketat!

"Ini yang perlu diantisipasi jadi kita membuat laboratorium mobil di bandara, pelabuhan, sehingga kita mendukung tes," ujar Harmensyah dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR secara virtual membahas tentang evaluasi penanggulangan Covid-19, Selasa (12/5/2020).

Lebih lanjut, Harmensyah menjelaskan bagi pekerja migran atau WNI yang dinyatakan negatif tetap diwajibkan untuk isolasi di Asrama Haji maupun di hotel yang telah bekerja sama selama 14 hari. 

Bagi yang dinyatakan positif, para pekerja migran atau WNI tersebut bakal dirujuk ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran atau ke Pulau Galang, Kepulauan Riau. 

"Kalau sudah sehat tentunya bisa kembali ke daerahnya masing-masing," ujar Harmensyah.

Baca Juga: 164 Pekerja Migran di Kuwait Dipulangkan

Sebelumnya  Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memprediksi sebanyak 34.300 pekerja migran Indonesia akan pulang ke Tanah Air.

Kepala BP2MI, Benny Ramdhani menjelaskan jumlah pekerja migran yang pulang ke Indonesia berasal dari 54 negara.

Mereka kembali ke Tanah Air karena masa kontrak kerja telah berakhir. Gelombang kepulangan para pekerja migran tersebut terjadi di bulan Mei hingga Juni mendatang.

Benny menambahkan, sejauh ini sudah ada 26.742 orang pekerja migran Indonesia (PMI) dari 83 negara yang kembali ke Indonesia. Menurutnya gelombang kepulangan pekerja migran ini akan mengalami peningkatan.

Baca Juga: Dalam Sebulan 1477 Pekerja Migran dari Jerman Pulang ke Indonesia, Seluruhnya Negatif Covid-19

Kementerian luar negeri menyatakan hingga 10 Mei, tercatat sudah lebih dari 80 ribu warga Indonesia yang berada di luar negeri yang kembali ke Tanah Air.

Sebanyak lebih dari 72 ribu di antaranya merupakan WNI pekerja di Malaysia, dan lebih dari 14 ribu adalah para pekerja di kapal atau ABK.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x