Kompas TV nasional berita kompas tv

Terbang Lagi 3 Mei, Lion Air Keluarkan Aturan Physical Distancing di Pesawat

Kompas.tv - 30 April 2020, 22:57 WIB
terbang-lagi-3-mei-lion-air-keluarkan-aturan-physical-distancing-di-pesawat
Kabin pesawat Lion Air dengan aturan physical distancing (Sumber: Lion Air)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah membuat pengumuman untuk beroperasi kembali pada tanggal 3 Mei mendatang untuk melayani pebisnis, Lion Air Group mengeluarkan aturan physical distancing di dalam kabin pesawat.

Peraturan tersebut diumumkan melalui keterangan tertulis pada Kamis, 30 April 2020. Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, kebijakan ini dikeluarkan sebagai langkah antisipasi pencegahan penularan virus corona di pesawat.

"Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama pandemik Covid-19 termasuk pengaturan jarak aman antartamu atau penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan," ujar Danang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv.

Adapun sistem pengaturan jarak aman dilaksanakan melalui pengaturan jumlah kursi sebagai berikut:

1.       Untuk tipe pesawat Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO dan Airbus 320-200NEO pada kelas ekonomi yang berkonfigurasi 3-3, maka khusus kursi di tengah tidak dipergunakan (tanda penunjuk “X”), dengan demikian tamu atau penumpang akan duduk di dekat jendela (window) dan lorong (aisle).

2.       Tipe pesawat ATR 72 dan kelas bisnis yang memiliki tata letak kursi 2-2, menggunakan metode saling silang atau zig-zag.

Pengaturan tempat duduk ini akan dilakukan pada saat penumpang melakukan pelaporan (check-in) yang tersedia di bandar udara keberangkatan.

Pengaturan jarak antar penumpang juga berlaku ketika berada di ruang tunggu (waiting room) dan pada saat proses masuk ke dalam kabin pesawat (boarding), baik yang menggunakan tangga belalai (garbarata) dan tangga biasa.

Baca Juga: Penerapan Larangan Mudik, Masih Ada Pesawat yang Layani Penerbangan




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x