Kompas TV nasional berita kompas tv

Dana Jemaah Haji Indonesia Untuk Penanganan Wabah Virus Corona?, Ini Kata Kemenag

Kompas.tv - 13 April 2020, 19:04 WIB
dana-jemaah-haji-indonesia-untuk-penanganan-wabah-virus-corona-ini-kata-kemenag
Juru Bicara Kementerian Agama (Kemenag), Oman Fathurahman (Sumber: Humas Kemenag RI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Apa iya dana Jemaah haji Indonesia digunakan untuk penanganan wabah virus corona?

Wacana pengalihan dana haji Indonesia ini muncul kali pertama dari usulan Komisi VIII DPR RI saat rapat kerja bersama Kementerian Agama (Kemenag), Rabu lalu (8/4/2020).

Baca Juga: Ruang Isolasi Pasien Terpapar Virus Corona di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Telah Siap Digunakan

Merespon berkembangnya diskursus itu, pihak Kemenag memastikan tidak ada dana jemaah haji Indonesia yang digunakan untuk program penanganan Corona Virus Disease 2019  atau Covid-19.

Kemenag juga menegaskan tidak ada rencana menggunakan dana jemaah haji untuk tujuan tersebut.

"Saya pastikan tidak ada dana jemaah haji yang digunakan untuk pencegahan Covid-19," kata Juru Bicara Kemenag, Oman Fathurahman, di Jakarta, Senin (13/4/2020). 

Menurut Oman, pasal 44 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah mengatur Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bersumber dari biaya perjalanan ibadah haji (Bipih), APBN, Nilai Manfaat, Dana Efisiensi, dan/atau sumber lain yang sah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"BPIH yang bersumber dari Bipih, Nilai Manfaat, dan Dana Efisiensi berasal dari dana setoran awal dan pelunasan dari jemaah haji serta dana hasil kelolaan (investasi) Badan Pengelola Keuangan Haj (BPKH), sepenuhnya dipergunakan untuk layanan kepada Jemaah haji," tutur Oman.

Sedangkan BPIH yang bersumber dari APBN dipergunakan untuk operasional petugas dalam melayani jemaah haji. 

Dana yang bersumber dari APBN itu antara lain digunakan untuk akomodasi dan konsumsi petugas haji.

Selain itu, lanjut Oman, dana APBN tersebut juga digunakan untuk biaya transportasi darat petugas selama di Arab Saudi, serta transportasi udara petugas haji dari Indonesia ke Arab Saudi dan sebaliknya. 

Anggaran rekrutmen dan pelatihan petugas haji, penyiapan dokumen perjalanan haji, sewa kantor sektor dan kantor Daker serta kebutuhan-kebutuhan operasional lainnya baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi juga menggunakan dana APBN, bukan dana haji.

"Apabila haji batal dilaksanakan tahun ini, hanya BPIH yang bersumber dari APBN yang dapat direlokasi untuk mendukung upaya penanganan penyebaran Covid-19," tegas Oman. 

"Sedangkan untuk BPIH yang bersumber dari Bipih, Nilai Manfaat, dan Dana Efisiensi akan dikembalikan ke Kas Haji yang ada di BPKH untuk pelaksanaan operasional haji pada tahun-tahun mendatang," sambungnya.

Dalam rangka pelaksanaan operasional haji tahun 2020, Oman melanjutkan, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mendapatkan alokasi dana dari APBN sebesar Rp 486 miliar. 

Baca Juga: Manag Siapkan Dua Skenario Ibadah Haji 2020, Tunggu Keputusan Saudi

Dari total alokasi APBN untuk Ditjen PHU tersebut, terdapat juga alokasi untuk pelaksanaan tugas dan fungsi Ditjen PHU.

"Sampai saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah Arab Saudi mengenai keberlangsungan penyelenggaraan ibadah haji (PIH) tahun 2020. Oleh karenanya, Pemerintah terus mempersiapkan PIH tahun 2020," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.