Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa IAIN Produksi Hand Sanitizer Untuk Masyarakat

Kompas.tv - 25 Maret 2020, 13:52 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Atau I-A-I-N Jember Jawa Timur memproduksi hand sanitizer secara mandiri di tengah wabah virus corona.

Produksi hand sanitizer secara mandiri dilakukan di Laboratorium Terpadu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Jember Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam dengan didampingi dosen kesehatan dan farmasi.

Kepala Program Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Andi Suhardi menyatakan bahwa bahan yang digunakan untuk pembuatan hand sanitizer sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, yakni alkohol kandungan 70 persen, gliserin kandungan 50 persen dan hidroperoksida kandungan 50 persen.

“Semua bahan kemudian dicampur dan dikombinasikan sesuai standar kelayakan” ujar Andi Suhardi.

Baca Juga: Warga Semprot Disinfektan di Permukiman Secara Mandiri

Rektor IAIN Jember, Babun Suharto menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hand sanitizer di tengah merebaknya virus corona.

Di tahap pertama pembuatan hand sanitizer terkumpul 1000 botol, yang terbagi dalam bentuk semprotan dan botol cairan.

“Produksi hand sanitizer ditargetkan mencapai 1000 botol per hari, yang selanjutnya dibagikan secara gratis kepada masyarakat, khususnya masjid, musala dan fasilitas umum” ujar Babun Suharto.

#MahasiswaIAIN #HandSanitizer #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x