Kompas TV nasional berita kompas tv

Tanggulangi Covid-19, Menag Fachrul Razi Sumbang 2 Miliar dan APD ke RS UIN Jakarta

Kompas.tv - 22 Maret 2020, 22:57 WIB
tanggulangi-covid-19-menag-fachrul-razi-sumbang-2-miliar-dan-apd-ke-rs-uin-jakarta
Menteri Agama Fachrul Razi (keempat dari kiri) sumbang Rp 2 miliar dan Alat Pelinding Diri (APD) berupa masker serta hazmat kepada RS UIN Jakarta untuk tanggulangi Convid-19, Minggu (22/3/2020). (Sumber: uinjkt)
Penulis : Deni Muliya

Satgas Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kementerian Agama (Kemenag) memberikan bantuan kepada Rumah Sakit (RS) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bantuan diberikan oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi kepada Direktur RS UIN Jakarta, Amir Fauzi di ruang rektorat kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Minggu (22/3/2020).

Baca Juga: Kepada RS Haji Jakarta, Menag Fachrul Razi Serahkan Gedung untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bantuan itu berupa uang Rp 2 miliar dan Alat Pelindung Diri (APD) yaitu masker serta baju hazmat.

"Kemenag dan semua pihak terkait akan terus berupaya membantu. Sementara ada dana bantuan awal sebesar dua miliar serta sejumlah APD (Alat Pelinding Diri). Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar Fachrul Razi.

Dalam acara serah terima bantuan untuk penanganan pasien Covid-19 itu, Menag Fachrul Razi didampingi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Amany Lubis, Plt Sekjen Kemenag Nizar Ali, Karo Perencanaan Ali Rokhmad, dan Karo Keuangan Ali Irfan.

Menurut Menag, dana bantuan yang disalurkan berasal dari sumbangan Badan Wakaf Indonesia (BWI), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan berbagai unit lain di lingkungan Kemenag.

Fachrul Razi berpesan, "Dana bantuan yang diberikan ini agar digunakan sebaik mungkin dan bertanggungjawab," tegasnya.

Pada waktu yang sama, Menag menyempatkan diri meninjau situasi kampus UIN Jakarta yang ditutup sementara selama dua pekan. 

Selanjutnya, Menag juga meninjau fasilitas layanan dan kesiapan tim medis dalam menghadapi masyarakat yang berobat, termasuk melakukan dialog secara daring dengan tim medis RS.

Usai menjalani protokol kesehatan berupa cuci tangan dan cek suhu tubuh, dengan mengenakan masker, Menag mengajak dialog dan memotivasi tim medis.

“Kepada para dokter, perawat, dan tim medis lainnya, kami berpesan agar betul-betul menjaga kesehatan. Karena Anda semualah garda terdepan dalam mengatasi masalah (Convid-19) ini. Selamat bekerja. Kami doakan semua dalam keadaan sehat," kata Menag, berharap.

Baca Juga: Arab Saudi Tunda Penyelesaian Haji 2020, Ini Kata Kemenag

 Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Lubis menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkan kepada RS Syarif Hidayatullah. 

Menurut Amany, bantuan dan sinergi seluruh elemen amat diperlukan dalam menghadapi musibah nasional berupa sebaran virus COVID-19 yang telah menjadi pandemik global itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x