Kompas TV nasional berita kompas tv

Kisah Pasien Balita 3 Tahun di Yogyakarta yang Terinfeksi Virus Corona Hingga Sembuh

Kompas.tv - 21 Maret 2020, 23:08 WIB
kisah-pasien-balita-3-tahun-di-yogyakarta-yang-terinfeksi-virus-corona-hingga-sembuh
Ilustrasi Virus Corona (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

YOGYAKARTA, KOMPASTV – Pasien balita corna berusia tiga tahun delapan bulan dan kedua orang tua balita dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta.

Sebelum dinyatakan positif keluarga ini memiliki perjalanan ke Depok, Jawa Barat dan Jakarta pada tanggal 27 Februari 2020. Pada tanggal tersebut mereka berangkat dari Yogyakarta menuju Depok menggunakn kereta api.

Sesampainya di Stasiun Jatinegara, mereka melanjutkan perjalanan ke Depok, Jawa Barat, dengan KRL. Ibu dari balita tersebut menjelaskan saat itu kereta yang ditumpangi padat.

Baca Juga: Sempat Berada di Ruang Isolasi, Balita Positif Corona Kini Dinyatakan Sembuh

"Jadi, waktu itu naik KRL yang mutar enggak langsung, jadi mutar sampai dua jam sampai ke Jakarta juga, terus sampai Depok itu siang sekitar jam 10-an," ucap sang Ibu. Dikutip Kompas.com.

Selama di depok, keluarga ini sempat mengunjungi dua tempat. Yakni alun-alun dan Masjid Kubah Emas. Mereka tinggal selama lima hari di Depok.

Pada 3 Maret 2020, mereka kembali pulang ke Yogyakarta. Karena perjalanan panjang sang ibu memutuskan untuk tidak bekerja memilih berisirahat di rumah bersama anaknya selama dua hari Rabu, 4 Maret 2020 dan Kamis, 5 Maret 2020.

“Jumat anak saya baru sekolah," ucap dia.

Baca Juga: Positif Corona, Wali Kota Bima Arya Optimis Sembuh

Gejala bermula dari demam

Sepulang sekolah, kondisi anaknya masih sehat-sehat saja. Namun pada dini hari, anaknya demam mencapai 40 derajat celcius.

Karena demam tidak kunjung turun, ia membawa anaknya ke rumah sakit. Saat itu, setelah dicek didiagnosa hanya demam biasa, kemudian diberi obat dan disuruh pulang.

Setelah pulang dan meminum obat, demam masih juga tidak kunjung turun. Pada keesokan harinya, ia membawa anaknya kembali ke rumah sakit.

Saat diperiksa itu, ibu balita tersebut menjelaskan kepada dokter jika keluarganya baru saja melakukan perjalanan ke Depok, Jawa Barat dan Jakarta.

Baca Juga: Tangani Pasien Corona, RSUP Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso Dibanjiri Dukungan

Melihat gejala yang ada dan adanya riwayat ke perjalanan, pihak rumah sakit lantas merujuk pasien ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Dari hasil laboratorium Litbangkes, dinyatakan balita tiga tahun delapan bulan ini positif Covid-19.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x