Kompas TV video internasional

WHO: Jangan Menyerah, Pasien Virus Corona Bisa Sembuh

Kompas.tv - 10 Maret 2020, 16:04 WIB
Penulis : Yuilyana

JENEWA, KOMPASTV – Ada harapan sembuh untuk pasien yang sudah terinfeksi virus corona.

Selama pembaruan rutin tentang wabah COVID-19 pada Senin (09/03/2020) di Jenewa, Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Ghebreyesus mengatakan, dunia tidak bergantung pada virus.

Baca Juga: Berkah bagi Pedagang Jamu Tradisional di Tengah Merebaknya Virus Corona

Karena tiap keputusan yang diambil pemerintah, bisnis, komunitas, keluarga, dan individu dapat memengaruhi lintasan epidemi ini.

Tedros berkata, sekarang setelah virus memiliki pijakan di banyak negara, ancaman pandemi menjadi sangat nyata, tetapi itu akan menjadi pandemi pertama dalam sejarah yang dapat dikendalikan.

Pandemi berhubungan dengan penyebaran geografis dan digunakan untuk menggambarkan penyakit yang menyerang seluruh negara atau seluruh dunia.

Baca Juga: Kantor Staf Presiden: Protokol Corona Merujuk ke Standar WHO

Tedros menyoroti bahwa  tindakan awal yang tegas, dapat memperlambat virus dan mencegah infeksi.

Dilansir dari APTN, dari semua kasus yang dilaporkan secara global sejauh ini, 93 persen berasal dari empat negara. Ini adalah epidemi yang tidak merata di tingkat global

Dia menunjukkan bahwa hampir 300 juta dolar AS sekarang telah dijanjikan untuk kesiapsiagaan dan rencana respons strategis WHO dan menyerukan kepada semua negara untuk mengambil tindakan awal dan agresif untuk melindungi rakyat mereka dan menyelamatkan jiwa.

Baca Juga: Menkes: Standar WHO, Orang Sehat Tidak Perlu Pakai Masker



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x