Kompas TV nasional berita kompas tv

Jokowi Ungkap Alasan Evakuasi Kapal World Dream Ketimbang Diamond Princess

Kompas.tv - 26 Februari 2020, 16:13 WIB
jokowi-ungkap-alasan-evakuasi-kapal-world-dream-ketimbang-diamond-princess
Presiden Joko Widodo mengungkapkan kemarahannya saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pencatutan nama Presiden dalam permintaan saham Freeport di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/12/2015) (Sumber: KOMPAS/WISNU WIDIANTORO)
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV - Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan mengapa WNI yang berada kapal World Dream yang lebih dulu dievakuasi daripada WNI yang berada di kapal diamond princess.

Alasannya adalah lantaran jumlah WNI yang ada di World Dream lebih banyak dan lokasinya lebih dekat dengan Wilayah Indonesia.

Pemerintah telah menyiapkan KRI Soeroso untuk menjemput 188 WNI dari kapal World Dream untuk kemudian dibawa ke tanah air dan mengikuti observasi di Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu.

Setelah WNI dari kapal World Dream sampai di Sebaru dan menjalani observasi  barulah pemerintah akan lebih fokus menangani WNI yang berada di kapal Diamond Princess.

Jokowi menyatakan pemerintah Indonesia masih bernegosiasi dengan pemerintah Jepang terkait upaya pemulangan WNI dari kapal Diamond Princess yang berlabuh di Yokohama.

Kehati-hatian dalam mengalkulasi proses pemulangan juga penting, pemerintah tak ingin gegabah dalam mengambil langkah agar bisa melindungi seluruh warga negara Indonesia.

“Jadi kita ini dapat dua hal yg harus diselesaikan secara bersamaan yaitu abk yg ada di World Dream dan Diamond Princess. Kemarin setelah rapat beberapa kali sudah kita putuskan yg di World Dream dulu. Jumlahnya lebih banyak 188 orang yang itu juga berada di dekat kita. Sehingga kita putuskan segera dijemput oleh KRI Soeroso” Ucap Presiden Joko Widodo



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x