Kompas TV video cerita indonesia

Selamat Jalan, Gus Sholah

Kompas.tv - 4 Februari 2020, 05:00 WIB
Penulis : Angela Winda

SURABAYA, KOMPAS.TV - Berpulangnya tokoh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur meninggalkan kesan yang mendalam.

Sebelum meninggal, Gus Sholah sempat dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta.

Ribuan warga Nahdlatul Ulama (NU) menghadiri pemakaman beliau, mereka menitikkan air mata dan mengirimkan doa untuk melepas kepergian adik dari Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid tersebut.

Sebelum dibawa ke Jombang, Jawa Timur untuk dimakamkan, Gus Sholah sempat disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka di daerah Bangka, Jakarta Selatan. 

Sejumlah petinggi negara menghadiri pemakamannya untuk melepas kepergian beliau.

Presiden RI, Jokowi misalnya, ia menyatakan bahwa kepergian Gus Sholah merupakan sebuah kehilangan bagi seluruh masyarakat.

Beliau adalah cendekiawan muslim yang menjadi panutan.

Dilansir dari Kompas.com (03/02), terakhir kali Jokowi bertemu dengan Gus Sholah adalah di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, yang merupakan alumnus Tebuireng menyatakan, bahwa ia banyak berdiskusi dengan almarhum tentang kerukunan, membangun demokrasi dan ekonomi keumatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.