Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Survei Litbang Kompas: Kepuasan Kinerja Pemerintah di Sektor Ekonomi Meningkat Signifikan

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 07:26 WIB
survei-litbang-kompas-kepuasan-kinerja-pemerintah-di-sektor-ekonomi-meningkat-signifikan
Pedagang mainan tradisional di Pasar Lawas Mataram Kotagede 2022. Event ini buka mulai Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022) di area Makam Raja-Raja Mataram. (Sumber: Kompas TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas pada periode 29 April-10 Mei 2023 menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di sektor ekonomi Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan.

"Tingkat kepuasan di bidang ekonomi berada di angka 59,5 persen, naik enam persen dibandingkan periode Januari 2023," tulis laporan Litbang Kompas dari Harian Kompas edisi Senin (22/5/2023).

Survei Litbang Kompas melibatkan 1.200 responden, yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 30 provinsi Indonesia.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen, dengan margin of error plus-minus 2,83 persen.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 76,2 Persen Warga Tidak Puas Kinerja Anggota DPR

Peningkatan kepuasan publik tampak merata di setiap strata sosial-ekonomi.

Namun peningkatan tertinggi ditemukan di kalangan kelas bawah, dengan peningkatan sebesar 10,8 persen dibandingkan periode sebelumnya.


 

Menurut Litbang Kompas, hal ini mengindikasikan bahwa pengendalian harga adalah isu utama harian yang dirasakan masyarakat.

Dalam lima indikator penilaian yang disurvei, kepuasan publik terhadap pengendalian harga barang dan jasa mengalami peningkatan tertinggi. Naik 12,7 persen dari periode sebelumnya menjadi 50,9 persen.



Sumber : Harian Kompas



BERITA LAINNYA



Close Ads x