Kompas TV olahraga sepak bola

Usai SEA Games 2023, Zainudin Amali Ingin Timnas U22 Indonesia Tampil di Asian Games

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 22:33 WIB
usai-sea-games-2023-zainudin-amali-ingin-timnas-u22-indonesia-tampil-di-asian-games
Timnas Sepak Bola Indonesia U22 usai pengalungan medali emas di SEA Games Kamboja, Selasa (16/05/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah meraih kesuksesan di SEA Games 2023 Kamboja, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali ingin Timnas U22 Indonesia tampil di level yang lebih tinggi yaitu Asian Games.

Skuad Garuda Muda berhasil menyabet medali emas di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 setelah menumbangkan Thailand di partai final dengan skor 5-2, Selasa (16/5/2023) kemarin.

Prestasi tersebut membuat Indonesia akhirnya bisa kembali ke podium tertinggi cabang olahraga sepak bola setelah terakhir kali merasakannya pada SEA Games 1991.

Selanjutnya, Zainudin Amali pun ingin Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bisa tampil di ajang yang levelnya lebih tinggi yaini Asian Games.

Amali mengatakan, dengan bermain di level yang lebih tinggi bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan para pemain Timnas U22 Indonesia.

"Setelah ini kan, beberapa bulan ke depan ada Asian Games. Diskusi kita dengan Pak Erick Thohir kan, kita harus berani tampil di level itu," ungkap Zainudin Amali.

"Artinya kita enggak usah berpikir kalah menangnya dulu tetapi mereka diberi kesempatan untuk bertanding di level yang lebih di atasnya supaya mereka bisa mendapatkan atmosfer bertanding di internasional di semua level. ASEAN sudah, Asia kita coba," ujarnya.

"Beberapa bulan ke depan kita ada Asian Games, kemudian ada AFC Cup, lalu ada kualifikasi-kualifikasi baik itu untuk tingkat World Cup maupun Olimpiade," lanjut Amali.

"Kita berharap semuanya itu bisa kita ikuti tentu dengan berbagai kategori tim," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia vs Thailand Ricuh, FAT Minta Maaf dan Berjanji Hukum Pihak yang Bersalah

Terkait hal tersebut, pengamat sepak bola Firzie Idris menilai sangat mungkin Indonesia bisa bersaing di level yang lebih tinggi yakni Asia.

Apalagi Indonesia saat ini punya pemain-pemain muda berbakat yang bisa menjadi tulang punggung Indonesia di masa depan seperti Marselino Ferdinan, Rizky Ridho hingga Pratama Arhan.

"Untuk ke Asia kenapa enggak? Kita harus punya optimisme itu. Tentu tidak hanya bergantung kepada pemain-pemain ini ya," kata dia.

Firzi menilai kualitas skuad bukan hanya menjadi satu-satunya faktor kesuksesan.

Menurutnya, jika PSSI bisa membuat kompetisi yang lebih baik dan mendukung perkembangan pemain, sangat mungkin Indonesia bisa bersaing di level Asia.

"Kalau kita bisa membuat kualitas Liga 1 lebih baik, menurut saya, sangat-sangat mungkin," ujarnya.

Baca Juga: Tanggapan Erick Thohir Timnas Indonesia Menang atas Thailand: Kasih Lihat Siapa Kita!


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x