Kompas TV nasional politik

Puan Beri Sinyal Partai Kuning Gabung PDIP, Pengamat: Golkar Masih Fleksibel cari Posisi Bacawapres

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 07:40 WIB
puan-beri-sinyal-partai-kuning-gabung-pdip-pengamat-golkar-masih-fleksibel-cari-posisi-bacawapres
Pakar Komunikasi Politik Gun Gun Heryanto saat berbincang di program Kompas Malam KOMPAS TV, Selasa (16/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Langkah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menjadi kandidat bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024 terus berjalan. 

Silaturahmi Airlangga dengan pimpinan partai di luar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dilakukan, mulai dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. 

Terbaru, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani memberi sinyal partai kuning akan bergabung ke PDIP mendukung Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024.

Pakar Komunikasi Politik Gun Gun Heryanto menjelaskan, jika partai kuning tersebut merujuk kepada Golkar, langkah Partai Golkar saat ini masih fleksibel dan belum menentukan pilihan terkait dukungan terhadap bacapres. 

Baca Juga: Puan Maharani Beri Sinyal Kuat 'Partai Kuning' Juga Dukung Ganjar Pranowo! Apa Kata Golkar?

Menurutnya, Golkar memiliki misi untuk mendongkrak suara di Pileg 2024 dengan cara mendorong Airlangga Hartarto sebagai kandidat bacapres ataupun bacawapres di Pilpres 2024.

Hal ini jugalah yang menjadi alasan Airlangga menjalin silaturahmi dengan partai lain dan tetap mendorong adanya koalisi besar yang diusulkan oleh Presiden Jokowi.

"Apakah kemudian sudah pasti ke PDIP? Menurut saya, Golkar juga belum. Apakah sudah sampai titik kesepakatan meski membangun kesepahaman? Belum tentu sepakat dengan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya," ujar Gun Gun di program Kompas Malam KOMPAS TV, Selasa (16/5/2023).

Gun Gun menilai, komunikasi politik yang dibangun Golkar yakni mencari bacapres mana yang berpotensi menang di Pilpres 2024.

Baca Juga: Targetkan Minimal 116 Kursi, Golkar Daftarkan 580 Caleg ke KPU RI

Kemudian keuntungan bagi Golkar di Pileg 2024 jika bergabung dengan PDIP atau bergabung dengan Koalisi Indonesia Raya (KIR) yang mewacanakan Prabowo Subianto sebagai bacapres, serta posisi bacawapres hingga pembiayaan pemilu yang jarang dibicarakan di ruang publik. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x