Kompas TV nasional rumah pemilu

Terima Tiga Nama Capres Hasil Musra, Jokowi: Bagian Saya Beri Bisikan Kuat kepada Partai-Partai

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 17:34 WIB
terima-tiga-nama-capres-hasil-musra-jokowi-bagian-saya-beri-bisikan-kuat-kepada-partai-partai
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menyampaikan sambutan di acara puncak Musra di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menerima tiga nama usulan bakal calon presiden (capres) dari hasil Musyawarah Masyarakat (Musra) relawan.

Adapun ketiga nama bakal capres usulan Musra tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Tadi, di ruang tunggu, para ketua menyampaikan pada saya beberapa nama yang terekam kuat. Tapi saya ingin resmi. Itu resmi, belum saya buka," kata Jokowi dalam acara puncak Musra relawan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

"Jadi, saya terus terang ini harus kita berikan waktu kepada partai atau gabungan partai untuk menyelesaikan urusan capres dan cawapres seperti apa."

Pasalnya, kata Kepala Negara, pengusungan capres-cawapres sepenuhnya merupakan kewenangan partai politik atau parpol.

"Karena menurut konstitusi itu yang bisa, yang bisa mencalonkan itu adalah partai atau gabungan partai, betul?" ujarnya.

Kendati demikian, Jokowi menyebut akan memberikan bisikan kepada partai-partai terkait nama-nama capres atau cawapres.

Baca Juga: Jokowi: Hati-hati Pilih Pemimpin, Jika Keliru Hilang Kesempatan Indonesia Jadi Negara Maju

"Itu bagian saya untuk memberikan bisikan kuat kepada partai-partai yang sekarang ini juga koalisinya belum selesai," tegasnya.

"Jadi kalau saya ngomong sekarang, untuk apa? Itu yang namanya strategi, ya itu. Jangan tergesa-gesa, jangan grusa-grusu, jangan pilih cepat-cepatan karena Belanda masih jauh."

Diberitakan sebelumnya, Ketua Projo sekaligus Penanggung Jawab Musra Indonesia Budi Arie Setiadi mengungkapkan para relawan telah menjaring tiga nama bakal capres yang akan diserahkan kepada Jokowi. Tiga nama itu adalah Ganjar, Prabowo, dan Airlangga.

Dia menerangkan, para relawan akan menerima arahan Jokowi soal nama bakal capres atau cawapres yang diusung pada pertemuan di Istora Senayan, Jakarta, hari ini.

"Ya puncaknya nanti pengarahan Pak Presiden Joko Widodo ke mana kapal besar ini akan tertuju berlabuh di 2024 semua menantikan perintah dan komando Pak Jokowi untuk menentukan arah 2024," kata Budi Arie, Minggu (14/5), sebagaimana dilaporkan tim jurnalis Kompas TV.

Selain mengusulkan tiga nama capres, Budi menambahkan, pihaknya juga akan mengusulkan sejumlah nama bakal cawapres kepada Jokowi.

Nama-nama tersebut di antaranya Menteri Koordinator (Menko) Bidang Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca Juga: Lantang! Jokowi Beber Kriteria Presiden Tepat untuk Kebutuhan Indonesia


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x