Kompas TV nasional rumah pemilu

Hari Ini 4 Parpol Daftarkan Bakal Caleg DPR RI ke KPU, Berikut Daftarnya

Kompas.tv - 11 Mei 2023, 08:20 WIB
hari-ini-4-parpol-daftarkan-bakal-caleg-dpr-ri-ke-kpu-berikut-daftarnya
Bendera partai politik, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta. (Sumber: KOMPAS/AGUS SUSANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebanyak empat partai politik (parpol) yang telah dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024 akan mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR RI ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Kamis (11/5/2023). 

Berdasarkan informasi dari rilis Humas KPU RI, empat parpol itu adalah PDIP, Partai Nasdem, Partai Garuda, dan partai Ummat. 

Baca Juga: Susul PKS, Hanura Daftarkan 580 Bakal Caleg ke KPU

Adapun, PDIP rencananya akan datang ke Kantor KPU RI pada pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, diikuti Partai Nasdem pada pukul 11.00 WIB. 

Setelah itu, pada pukul 13.30 WIB, Partai Garuda yang akan mengantarkan dokumen bakal caleg. Terakhir, Partai Ummat dijadwalkan pada pukul 14.30 WIB. 

Tercatat sudah ada dua parpol yang mendaftarkan bakal caleg DPR RI ke KPU RI, yakni PKS dan Partai Hanura. Kedua parpol itu mendaftarkan 580 bakal caleg untuk bersaing di Pileg 2024 mendatang. 

Sekjen PKS Habib Aboe menyebut, dari 580 bakal caleg yang didaftarkan, 208 di antaranya adalah perempuan. 

"Alhamdulillah saya laporkan dari 580 calon kita sudah terdaftar dan masuk ke sistem KPU. 208 wanita, jadinya 35,9 persen dan juga ada wakil-wakil milenial," kata Habib Aboe di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Ia menyebut, seluruh perangkat di daerah juga akan melakukan pendaftaran ke KPUD. Hal ini menandakan PKS telah siap menghadapi Pemilu 2024.

"Saya laporkan juga DPW mendaftar ada 25 DPW dan sisanya insyaallah sampai tanggal 14, tinggal 364 sampai tanggal 14. Insyaallah berkat doa bersama sampaikan kesiapan kami," ujarnya. 


 

Sementara itu, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan, dirinya memilih fokus untuk berjuang di Pileg 2024 daripada gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Hingga Pekan Kedua, KPU Kota Malang Belum Terima Pendaftaran Bacaleg

Menurut dia, kini pihaknya sedang menyiapkan strategi agar partainya bisa kembali mengirimkan kader untuk duduk di parlemen.

“Yang jelas bahwa saya tetap melakukan manuver-manuver dan tetap melakukan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kepentingan partai kami dulu ya untuk Pileg ini,” kata OSO di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2023). 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x